Partai Golkar Usung Paket Sukerana-Kisid

  • 20 Juli 2015
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 3139 Pengunjung

Denpasar, suaradewata.com - Partai Golkar rupanya tak mau hanya menjadi penonton pada Pilkada serentak Desember mendatang. Buktinya, upaya islah terus dilakukan oleh dua kubu yang berseteru, agar dapat mengusung calon pada Pilkada nanti.


Bahkan untuk beberapa daerah, Partai Golkar sudah memastikan pasangan calon yang akan diusung. Setelah memastikan paket Giri Prasta - Ketut Suiasa di Badung dengan berkoalisi dengan PDIP, Partai Golkar juga telah memutuskan Made Sukerana dan Komang Kisid sebagai calon bupati dan wakil bupati Karangasem.

"Paket Sukerana-Kisid ini juga sudah diusulkan ke DPP Partai Golkar, untuk ditetapkan dan direkomendasikan sebagai calon bupati dan wakil bupati Karangasem," tutur Plt Ketua DPD Partai Golkar Bali Gede Sumarjaya 'Demer' Linggih, saat dikonfirmasi via saluran telepon di Denpasar, Senin (20/7).

Demer mengaku, duet Sukerana-Kisid ini murni diusulkan oleh Partai Golkar. Sebab untuk Pilkada Karangasem, Partai Golkar dalam mengusung sendiri pasangan calon tanpa harus berkoalisi dengan partai lain.

Walau demikian, pihaknya tetap membuka pintu bagi partai lainnya untuk sama-sama mengusung paket Sukerana-Kisid. "Kalau ada yang mau ikut mendukung, kami persilahkan," ujar Demer, yang juga Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI.

Sejauh ini, Demer mengaku belum berkomunikasi dengan partai politik lainnya, terutama Partai Gerindra dan Partai Demokrat. Komunikasi ini penting, dalam rangka sinkronisasi nama-nama yang diusung pada Pilkada Karangasem.

Apalagi, jauh-jauh sebelumnya Partai Gerindra sudah memproklamirkan diri sebagai partai utama pengusung Sukerana, sebagai calon bupati Karangasem. Adapun calon wakil bupati, sepenuhnya diserahkan kepada Partai Demokrat untuk menentukan. Partai Demokrat sendiri, semula mengusulkan nama Eka Mulyawan Wira (Gus Wawan) sebagai pendamping Sukerana.

Dikonfirmasi secara terpisah, Ketua DPD Partai Gerindra Bali Ida Bagus Putu Sukarta, menegaskan, hingga saat ini Partai Golkar belum berkomunikasi tentang paket Sukerana-Kisid. "Yang jelas, dari awal kami sudah tegaskan bahwa Partai Gerindra mengusung Sukerana sebagai calon bupati Karangasem," tegasnya.

Tentang siapa yang menjadi pendamping Sukerana, menurut dia, sepenuhnya tergantung kesepakatan di Koalisi Bali Mandara. "Soal siapa pendampingnya, silahkan. Yang jelas kami yang usung Sukerana sebagai calon bupati," tandas Sukarta, yang didampingi Ketua DPC Partai Gerindra Karangasem Nyoman Suyasa dan calon bupati Karangasem Made Sukerana.

Hal tak jauh berbeda juga dilontarkan oleh Sukerana, pada kesempatan yang sama. Menurut dia, sejak awal dirinya sudah berkomitmen dengan Partai Gerindra untuk tampil sebagai calon bupati Karangasem. Adapun soal calon wakil bupati yang mendampinginya, Sukerana menyerahkan sepenuhnya kepada koalisi.

"Saya diusung oleh Partai Gerindra. Soal siapa yang mendampingi saya, tergantung siapa yang diputuskan oleh koalisi," ujar Sukerana.

Ia yakin, siapapun yang akan disodorkan sebagai calon wakil bupati oleh Koalisi Bali Mandara, tentu dilakukan atas dasar pertimbangan yang matang. "Koalisi tentu ada banyak pertimbangan, sebelum memutuskan figur yang mendampingi saya," pungkas Sukerana, yang saat ini duduk sebagai wakil bupati Karangasem. san


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER