PDIP Rancang Merah-Kuning di Badung dan Karangasem

  • 20 Juli 2015
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 4397 Pengunjung

Denpasar, suaradewata.com - PDIP sedang merancang koalisi dengan Partai Golkar, dalam menghadapi Pilkada Badung dan Karangasem. Untuk Badung misalnya, koalisi merah-kuning dikabarkan akan mengusung duet Nyoman Giri Prasta - Ketut Suiasa. Adapun untuk Karangasem, paket Wayan Sudirta - Komang Kisid yang diusung.


Dua pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah tersebut, kini sedang digodok di DPP PDIP. Dua paket ini sudah diajukan sejak beberapa waktu lalu, setelah melihat lawan yang akan dihadapi pada Pilkada 9 Desember nanti. Selain itu, juga mempertimbangkan hasil survei di dua daerah tersebut.

Menurut Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster, pihaknya memiliki alasan yang cukup kuat hingga memunculkan paket merah-kuning di dua kabupaten itu. Salah satunya, karena PDIP Bali berkeinginan untuk melakukan perubahan.

"Paket merah-kuning ini akan menjadi pragadigma baru untuk memenuhi keinginan dan harapan rakyat," tutur Koster, saat dikonfirmasi wartawan via saluran telepon, Minggu (19/7).

Koster menyebut, paket merah-kuning di Badung menempatkan Nyoman Giri Prasta (Ketua DPC PDIP Badung) sebagai calon bupati dan Ketut Suiasa (Ketua DPD Partai Golkar Badung) sebagai calon wakil bupati. Paket ini sudah diusulkan ke DPP PDIP, untuk dijadikan pertimbangkan sebelum rekomendasi diumumkan pada 21 Juli mendatang.

"Paket ini sudah kita ajukan dan khusus untuk calon bupatinya tetap Nyoman Giri Prasta dan tidak ada perubahan karena hasil surveinya paling tinggi,” papar Koster.

Bagi DPD PDIP Bali, paket merah-kuning ini akan memiliki banyak keuntungan. Selain cost politik dalam Pilkada serentak bisa lebih kecil, rakyat Badung tampaknya juga memberikan respon yang cukup positif terhadap wacana koalisi merah – kuning ini di Badung.

Pada kesempatan tersebut, Koster memastikan bahwa khusus untuk calon bupati Badung, dipastikan tidak ada perubahan lagi. Sementara untuk calon pendamping atau wakilnya, memang ada banyak pilihan. Semua nama calon wakil bupati tersebut, kini sedang dibahas di DPP PDIP.

"Hasil survei yang dilakukan, Giri Prasta menempati urutan paling tinggi ketimbang bakal calon bupati yang sama-sama diajukan untuk mendapatkan rekomendasi dan paket Giri Prasta-Suiasa memang paling diinginkan oleh rakyat Badung," ujar Koster.

"Paket ini kami coba sebagai harapan rakyat dan ternyata responnya cukup bagus," imbuh anggota Fraksi PDIP DPR RI itu.
 
Hal yang sama juga terjadi di Karangasem, di mana PDIP sudah memastikan nama calon bupati yang akan diusung, yakni Wayan Sudirta.  Sementara calon wakil bupati juga sudah diusulkan dan sedang diajukan ke DPP PDIP adalah Komang Kisid, yang tak lain adalah adik Bupati Karangasem Wayan Geredeg.

Di Karangasem juga menyiapkan koalisi merah-kuning, karena PDIP memperhitungkan lawan yang akan dihadapi. "Pasangan Sudirta-Kisid ini dinilai soliditasnya semakin kuat untuk menghadapi lawan dalam Pilkada nanti," pungkas Sudirta. san


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER