Belasan Korban Terdampak Bencana Terima Bantuan Propinsi Bali, Ini Yang Ditekankan Bupati Bangli

  • 03 Agustus 2022
  • 20:35 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1503 Pengunjung
Bupati Bangli saat menyerahkan bantuan bencana hibah dari Pemprop Bali, Rabu (3/8). SD/Ist

Bangli, suaradewata.com - Sebanyak 19 keluarga maupun kelompok masyarakat terdampak korban bencana mendapat gelontoran hibah bantuan sosial dari Pemprop Bali. Penyerahan bantuan itu, diserahkan Bupati Sang  Nyoman  Sedana Arta,  Rabu (3/8/2022) di Pendopo Rumah Jabatan (RJ) Bupati Bangli. 

Pada kesempatan itu Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta meminta agar penerima bantuan untuk bisa menggunakan dana tersebut sesuai peruntukannya. “Semoga bisa bermanfaat dan bisa dipertanggungjawabkan. Karena nanti pasti ada tim yang mengecek ke masing-masing, apakah bantuan dana ini sudah dipergunakan sesuai peruntukannya atau tidak. Karena kita minta dana itu  digunakan dengan baik untuk menghindari pemasalahan,”ucapnya.

Sementara terkait rincian bantuan yang diserahkan, Kalak BPBD dan Damkar Kabupaten Bangli, I Wayan Wardana menjelaskan bantuan  tersebut merupakan pengajuan tahap ketiga. Total yang diajukan sebanyak 19 orang, dan semuanya lolos verifikasi dan menerima bantuan. Sementara  jumlah yang diterima masing-masing juga tak sama dengan besaran dana yang diajukan. “Bantuan sosial berupa uang yang diberikan ini bersifat stimulant untuk korban bencana/musibah sesuai kemampuan keuangan daerah Provinsi Bali. Dimana jumlah nominal yang didapat masing-masing sesuai dengan hasil kajian Tim Verifikasi lapangan,”katanya.

Dijelaskan, adapun jenis bantuan sosial yang diberikan berupa santunan kecacatan fisik dan mental ada 1 orang, 3 orang untuk santunan penguatan ekonomi, 8 orang perbaikan/pengadaan sarana dan prasarana perekonomian individu/keluarga/masyarakat, serta 7 tempat ibadah untuk perbaikan rumah masyarakat dan fasilitas umum. Besaran nilai bantuan tertinggi yang diberikan Rp sebesar m 100.000.000 untuk pengempon Pura Ratu Sakti Pancering Jagat di Desa Terunyan, Kintamani, yang sebelumnya mengalami kerusakan berat akibat diterjang angin puting beliung. Sedangkan nilai terendah Rp 2.000.000 yang diberikan pada Ni Nengah Sariani, warga Lingkungan Banjar Gaga, Tamanbali yang sebelumnya mengalami kerugian kerusakan pada warung sembako akibat pohon tumbang. 

Selain itu, bantuan juga diserahkan kepada I Wayan Kuasa dari Desa Awan menerima Rp 17 juta (bantuan kecacatan fisik), perwakilan Gereja Protestan Bangli menerima bantuan Rp 30 juta (perbaikan rumah dan fasilitas umum).ard/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER