Ketua Malahayati Nasdem Bali: Kaum Kartini Bali Harus Kreatif dan Mandiri Ditengah Pandemi Corona

  • 20 April 2020
  • 14:20 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1660 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com - Ditengah keprihatinan bangsa bahkan dunia akibat mewabahnya virus corona, kaum Kartini (perempuan) Bali termasuk pula para Kartini Tabanan harus kreatif. Hal itu disampaikan oleh Ketua Malahayati Partai Nasdem Provinsi Bali Ida Ayu Ketut Candrawati, Senin (20/4/2020) dimana sebentar lagi hari Kartini akan tiba.

"Ditengah pandemi corona ini, kaum Kartini Bali harus mengedepankan kreatifitas dan kemandiriannya," tegasnya.

Perempuan yang juga Ketua Fraksi Nasdem DPRD Tabanan ini menjelaskan, kreatif yang dimaksud adalah para kaum Kartini Bali termasuk diantaranya perempuan Tabanan harus mampu berkreatifitas secara nyata meskipun dimulai hal-hal sederhana. Seperti misalnya berkreatifitas terhadap kelangsungan hidup keluarga kecilnya.

Berkreatifitas memanfaatkan waktu luang dengan bercocok tanam dipekarangan rumah, seperti menanam sayur-sayuran untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Atau dalam tujuan memperkuat semangat menyama braya serta memutus mata rantai virus corona, kaum Kartini Bali secara gotong royong membuat masker kain untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkan. Mengingat saat ini sangat sulit mendapatkan masker dan salah satu alternatifnya dengan membuat masker kain.

"Pembuatannya bisa dilakukan oleh ibu-ibu PKK namun harus tetap dilakukan dengan menjaga jarak antara satu dengan lainnya. Intinya bisa dimulai dengan hal-hal sederhana," imbuh anggota Komisi IV DPRD Tabanan tersebut.

Disamping itu, Kartini Bali harus mampu hidup secara mandiri. Tentu saja kemandirian yang dimaksudkannya ini dengan tetap berpijak pada kodratnya sebagai perempuan. Kemandirian bagi kaum Kartini Bali disebutkannya, bahwa kaum Kartini atau kaum perempuan Bali termasuk pula kaum perempuan Tabanan mampu mengedepankan kemandirian tanpa harus tergantung dengan kaum laki-laki. Sehingga dengan kemandirian itu, posisi perempuan atau kaum Kartini akan menjadi lebih terhormat bahkan mulia.

Sebagai bentuk mewujudkan kemandirian tersebut, Candrawati mengatakan kaum Kartini masa kini Bali harus berani mengambil setiap peluang hidup pada berbagai bidang, seperti halnya peran yang diambil kaum laki-laki. Termasuk pula mengambil peran dalam dunia politik.

Seperti halnya dirinya sendiri yang sudah lama berkecimpung di dunia politik dan kini duduk menjadi satu diantara sepuluh anggota perempuan di DPRD Tabanan untuk periode 2019-2024.

"Bila perlu dan memungkinkan, kaum perempuan atau para Kartini Bali harus berani tampil didepan dengan mengambil posisi leader dalam dunia perpolitikan. Termasuk pula mengambil peran-peran leader pada kursi legislatif dan ekskutif," tandasnya.ayu/utm


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER