Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Beli Sabu Hanya 0,14 gram, Pria ini Dihukum 5 Tahun

  • 20 April 2020
  • 13:55 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1314 Pengunjung
suaradewata

Denpasar, suaradewata.com - Belum lama ini wanita asal Rusia selundupkan 6,65 gram kokain didakwa sebagai pengguna yang dituntut hanya 3 tahun penjara. Dimungkinkan vonis hakim akan menjatuhkan hukuman lebih ringan.

Berbanding terbalik dengan Sariyono (39) pria asal Sumenep, Jawa Timur. Di tangan hakim Pengadilan Negeri Denpasar, divonis 5 tahun penjara untuk kepemilikan 0,14 gram sabu.

Tidak jauh beda dengan wanita asal Rusia yang juga sebagai pengguna narkoba. Bahwa WNA ini membawa langsung dari penerbangan di Doha. Ironisnya, pasal yang menjerat buruh Madura itu justru mengarah sebagai perantara.

"Mengadili terdakwa Sariyono bersalah melawan hukum sebagaimana tertuang dalam Pasal 112 ayat (1) UU RI.No.35 tahun 2009 tentang Narkotika. Menjatuhkan hukuman pidana penjara kepada terdakwa selama 5 tahun," bunyi putusan hakim yang dibacakan lewat telekonferens oleh Dewa Budi Wadsara,SH.MH.

Hukuman itu sepertinya kompak dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) Cok Intan Merlany Dewie yakni 5 tahun. Adapun pertimbangan majelis hakim tidak memberikan keringanan karena terdakwa pernah dihukum dalam kasus serupa dengan vonis 5 tahun.

Saat membacakan putusannya, majelis hakim menilai terdakwa telah terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah memiliki Narkotika jenis sabu seberat 0,14 gram netto yang dibelinya dari seseorang bernama Bli seharga Rp350 ribu. 

Atas perbuatannya itu, terdakwa dipersalahkan melanggar yang didakwakan JPU. Selain pidana penjara selama lima tahun, Hakim juga menjatuhkan pidana denda Rp 800 juta subsider dua bulan penjara.

Sebagaimana tertuang dalam dakwaan, Sariyono ditangkap pada 24 November pukul 21.30 Wita di Jalan Mahendradata. Sabu yang disebut paket super hemat itu, diambil melalui tempelan.

"Sabu tersebut dimasukkan dalam bungkus rokok warna putih. Belum sempat menggunakan, terdakwa diringkus petugas Polsek Denpasar Barat," sebut Jaksa dari Kejari Denpasar, dalam dalam dakwaan.mot/utm


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER