Tanggulangi Kekurangan Stok Darah, Polres Bangli Laksanakan Donor Darah di Tengah Pandemi Corona

  • 14 April 2020
  • 18:45 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1640 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com - Sebanyak 100 anggota Polres Bangli ditambah 10 orang anggota TNI, Selasa (14/4/2020) pagi, mendonorkan darahnya guna mengatasi kekurangan stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Bali khususnya di Kabupaten Bangli. Kegiatan dipusatkan di Gedung Sasana Bhayangkara, Jalan Merdeka, Bangli.

Kapolres Bangli AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan S.I.K.,M.I.K yang turut mendonorkan darah mengatakan, kegiatan hari ini merupakan bakti sosial dalam bentuk donor darah terkait dengan kebutuhan darah yang cukup banyak akibat pandemi covid -19 di Bali termasuk di Kabupaten Bangli. "Ini betul-betul dari aspirasi para anggota Polres bersama ada dari TNI juga," ungkap Kapolres Bangli. 

Untuk itu, pihaknya juga mempersilahkan bagi warga sipil atau masyarakat yang kebetulan melintas di Gedung Sasana Bhayangkara, yang ingin turut melakukan donor darah langsung dipersilahkan. "Silahkan bagi masyarakat yang turut melakukan bakti sosial donor darah, langsung datang saja datang,"ajaknya.

Lebih lanjut, Kapolres Bangli mengatakan sejak diberlakukannya pembatasan aktivitas di luar rumah akibat  pandemi corona, telah membawa dampak besar terhadap ketersediaan kantong darah. Karena itu keterlibatan institusi-institusi dan instansi pemerintahan dan pihak-pihak swasta untuk menggelar donor darah termasuk dari pihak kepolisian sangat diperlukan.

Sebelum para calon pendonor diperiksa kondisi kesehatannya, dilakukan pengecekan suhu tubuh, berat badan dan tekanan darah, serta pemeriksaan hemoglobin (HB). SOP (Standar Oprasional Prosedur) kesehatan terkait pencegahan penularan Covid-19 juga tetap dilakukan. Dimana, semua tenaga kesehatan dan pendonor wajib menggunakan masker dan para peserta yang datang dilakukan secara bergilir supaya tidak terjadi kerumunan orang. Para peserta yang menunggu juga duduknya berjarak.ard/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER