Pramuka Buleleng Gelar Berbagai Lomba, Ajak Generasi Muda Tanamkan Semangat Nasionalisme

  • 01 September 2019
  • 00:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1749 Pengunjung
suaradewata

Buleleng, suaradewata.com - Puncak peringatan Hari Pramuka yang ke-58, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Buleleng menggelar berbagai kegiatan pada Minggu (1/9/2019). Kegiatan yang dihadiri sekitar 600 lebih anggota Pramuka di Buleleng, dipusatkan di gedung Pramuka Kumarasthana Singaraja, yang dibuka oleh Wakil Ketua Kwarcab Buleleng, I Gde Dharmaja yang juga Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng.

Dengan mengusung tema "Siap Sedia Mengusung Keutuhan NKRI", kegiatan yang digelar Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Buleleng, melibatkan secara langsung pramuka pada tingkat Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega serta pembina mengelar pelaksanaan lomba pengucapan pembukaan UUD 1945, Pengucapan satya darma pramuka dan lomba menggambar tunas kelapa maupun burung garuda pancasila.

Waka Kwarcab Buleleng, Gde Dharmaja mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menanamkan nilai semangat nasionalisme yang bermuara pada pembentukan karakter. "Kami tanamkan jiwa untuk menjunjung tinggi nilai-nilai NKRI. Pramuka adalah tunas muda harus menyiapkan diri menjadi kader bangsa untuk mengisi kemerdekaan," kata Dharmaja.

Bahkan menurut Dharmaja, kegiatan yang digelar ini juga bertujuan untuk meningkatkan disiplin dan juga sebagai wujud kepedulian generasi muda dalam mengisi kemerdekaan untuk kehidupan berbangsa dan bernegara. Pasalnya, kunci dari keberhasilan adalah disiplin kerja.

"Semangat kerja itu penting, dan yang tidak kalah pentingnya adalah dalam hal menanamkan nilai-nilai kebangsaan. Ini tanggungjawab semua. Sebagai anak muda, harus meneruskan perjuangan para pendahulu," ujar Dharmaja.

Dalam kegiatan ini, Kwarcab Buleleng juga melaksanakan sejumlah kegiatan peduli terhadap lingkungan melalui aksi bersih-bersih pantai di areal pantai penimbangan dan pantai Yeh Sanih serta melakukan pelepasan anak penyu di pantai penimbangan. rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER