Boping Apresiasi Kerjasama Pemkab Tabanan dengan Toyama

  • 27 November 2017
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2409 Pengunjung
istimewa

Tabanan, suaradewata.com – Ketua DPRD Tabanan, I Ketut Suryadi yang akrab disapa Boping mengapresiasi kerjasama yang dijalan Pemkab Taanan dengan Pemerintah Kota Toyama, Jepang, dengan Japan International Cooperation Agency (JICA). Kerjasama dibidang Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang itu kata dia sangat bagus dan diyakini membawa dampak positif bagi masyarakat Tabanan. Hal ini diungkapkan Boping disela-sela peresmian PLTMH di Jatiluwih, Senin (27/11/2017).

Pihaknya berharap kerjasama tersebut dapat ditingkatkan kesektor lain. “Pada prinsipnya kami sangat mengapresiasi kerjasama ini, dan kita harapkan sektor lain juga menjadi perhatian, selama tujuannya adalah kesejahteraan masyarakat,” ucapnya. Secara prinsip kata dia, kawasan Jatiluwih adalah kawasan WBD,  sehingga lingkungan dan alam menjadi factor utama dalam pelestarian. Dengan adanya teknologi, PLTMH ini diharapkan ramah lingkungan sehingga sejalan dengan pelestarian alam di Tabanan dan Jatiluwih pada khususnya.

Sementara Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti mengaku sangat berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan Pemerintah Kota Toyama. Sebab, bantuan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup para petani. “Serta yang terpenting adalah memberi edukasi mengenai pemanfaatan energi baru terbarukan yang tetap mengedepankan upaya pelestarian alam dan lingkungan. Khususnya di Jatiluwih,” tegas Bupati Eka.

Menurutnya, pemanfaatan energi baru terbarukan sangat penting di saat ini. Terlebih, di Jatiluwih telah ditetapkan sebagai bagian dari bentang alam Subak di Bali yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO. “Menjaga kawasan ini (Jatiluwih) tidak mudah. Oleh karena itu dengan adanya perhatian dari Pemerintah Kota Toyama ini akan sangat membantu meningkatkan kepedulian terhadap warisan budaya dunia yang harus kita jaga bersama,” sambungnya.

Dipihak lain Walikota Toyama Masashi Mori mengatakan pihaknya merasa mendapatkan kehormatan dari Pemerintah Kabupaten Tabanan yang bersedia menjalin kerja sama. Terlebih, Pemerintah Kota Toyama mengemban tugas dari Pemerintah Jepang untuk mengembangkan teknologi yang telah berhasil diterapkan ke berbagai negara dalam rangka mengembangkan ekonomi masyarakat yang berkelanjutan. “Karena Kota Toyama telah ditetapkan sebagai model lingkungan dan future city oleh Pemerintah Jepang,” ungkapnya.

PLTMH adalah suatu pembangkit listrik skala kecil yang menggunakan tenaga air sebagai tenaga penggeraknya, seperti saluran irigasi, air terjun, dan sungai dengan cara memanfaatkan tinggi terjunan dan jumlah debit air sehingga menghasilkan listrik. Dan berdasarkan dari sosialisasi yang diberikan mesin ini ramah lingkungan, dan nantinya listrik yang dihasilkan di prioritaskan untuk lampu penerangan jalan sepanjang objek wisata karena belum ada listriknya sekarang, dan jalan subak, trekking, bale subak, Pura Subak dan selanjutnya akan disalurkan penyosohan gabah dan lainnya. ayu/gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER