BNK Gianyar Miliki Mobil Operasional dan Klinik Rehabilitasi Gratis

  • 29 Desember 2016
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3417 Pengunjung
suaradewata.com

Gianyar, suaradewata.com – Badan Narkotika  Kabupaten Gianyar menerima bantuan  satu unit Mobil operasional sebagai kendaraan serbaguna pemberdayaan masyarakat. Ini dikarenakan dalam mobil itu tersedia beberapa perangkat untuk kebutuhan pengambilan urine dan sosialisasi.

Kepala BNN Kabupaten Gianyar, AKBP  Made Pastika mengatakan, mobil serbaguna pemberdayaan masyarakat ini  adalah realisasi dari APBN-Perubahan 2016 Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN pusat.

Sengaja dirancang khusus lengkap dengan perangkat komputer, layar video dan toilet atau kamar kecil untuk pengambilan urine sehingga kendaraan ini dapat mendukung tes urine secara mobiling, kapan dan di mana saja.

“Dengan adanya  mobil operasional serbaguna untuk pemberdayaan masyarakat ini adalah jawaban, jalan keluar dari kesulitan yang selama ini ditemui dalam upaya pencegahan dan pemberdayaan masyarakat yakni minimnya fasilitas dan anggaran. Semoga fasilitas ini dapat mendukung upaya kita untuk menurunkan tingkat prevalensi penggunaan narkoba di Gianyar," ujar Pastika. 

Ditambahkan, selain kamar kecil, ada perangkat komputer dan layar video dalam mobil ini akan dimanfaatkan untuk sidak dan sosialisasi tentang narkoba dan bahayanya. Sifatnya mobile sehingga bisa masuk ke desa-desa sekalipun.

Selain itu, ditahun 2017 BNK Gianyar juga akan memiliki klinik khusus rehabilitasi pengguna narkoba. Sehingga BNK maupun masyarakat yang ingin direhabilitasi tidak lagi dirujuk ke RS Sanjiwani Gianyar. "Surat ijin klinik sudah turun dari Pemkab Gianyar, jika sebelumnya ada pengguna narkoba yang ingin direhab tapi malu identitasnya terungkap, di klinik BNK nantinya dijamin kerahasiannnya," tegasnya. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER