Dewan Apresiasi 11 Menteri Berkunjung ke Nusa Penida

  • 22 November 2016
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 3212 Pengunjung
suaradewata.com

Denpasar, suaradewata.com - Rencana Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengundang 11 Menteri Kabinet Kerja untuk mengunjungi Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Sabtu (26/11), mendapat apresiasi DPRD Provinsi Bali. Para Menteri tersebut juga akan menggelar rapat di atas kapal pesiar sepanjang perjalanan dari Pelabuhan Benoa menuju Nusa Penida, selama kurang lebih 2,5 jam.

Pada kesempatan itu, akan dibahas potensi yang ada di daerah tersebut, termasuk mencarikan solusi terhadap kendala pembangunan di Nusa Penida. Bagi anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Provinsi Bali Ngakan Made Samudra, kedatangan para Menteri itu akan disambut masyarakat setempat, sebab para menteri ingin lebih dekat mengenal potensi daerah tersebut.

"Kedatangan para menteri tersebut tentu menjadi 'sureprize' bagi warga kami. Dengan kedatangan para pejabat pusat itu, bisa mengamati langsung, potensi apa yang bisa dikembangkan dan kendala apa yang bisa dicarikan solusi, sehingga Nusa Penida sebagai kawasan wisata ke depan bisa lebih banyak mendatangkan turis domestik dan asing," tuturnya, di sela rapat anggota DPRD Provinsi Bali dengan Pemprov Bali, Selasa (22/11).

Pulau Nusa Penida, kata dia, memiliki potensi bahari dan terkenal dengan penghasil rumput laut. Namun di sisi lain, infrastruktur di daerah itu masih perlu diperbaiki.

"Keberadaan infrastruktur di Pulau Nusa Penida dan sekitarnya perlu diperbaiki, sehingga pergerakan perekonomian warga masyarakat semakin bergairah, terlebih sebagai daerah tujuan wisata," kata ujar politisi asal Nusa Penida itu.

Sementara Gubernur Bali Made Mangku Pastika, mengatakan, dirinya mengundang para Menteri itu untuk meninjau Pulau Nusa Penida yang kini semakin bergairah sebagai daerah tujuan wisata. "Saya mengundang Menteri untuk kunjungan kerja ke Nusa Penida, agar mengetahui secara langsung potensi daerah tersebut. Dengan kedatangan beliau, diharapkan mampu memperbaiki infrastruktur, seperti jalan raya dan lainnya," papar Pastika.

Menurut dia, para Menteri itu diundang ke Nusa Penida karena mengantongi lima predikat yang dapat menjadi prioritas pembangunan dan diperhatikan oleh pemerintah pusat. Kelima predikat itu adalah batas terluar wilayah Indonesia, sebagai wilayah pulau-pulau kecil, kawasan strategis pariwisata nasional, kawasan konservasi perairan dan sebagai pusat peternakan sapi Bali.

Pastika juga berharap, Nusa Penida dapat menjadi objek destinasi pariwisata sehingga wisatawan bisa tinggal lebih lama. Karena itu, akses ke sana harus lancar dengan tersedianya penyeberangan maupun jalan, serta listrik yang mencukupi, dan infrastruktur jalan yang baik.

Pastika pun mengundang anggota Dewan untuk mengambil bagian dalam rapat dengan para Menteri tersebut. Para Menteri yang diundang adalah Menteri Pariwisata, Menteri Pertanian, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Keuangan, Bappenas, Menteri Koordinator Ekonomi, Menteri Desa dan PDT, Menteri PUPR, Menteri Perhubungan, Menteri Kesehatan serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. san/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER