Jangkau Pelosok, Bus Desa Sehat Diluncurkan

  • 29 Februari 2016
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3876 Pengunjung
Gianyar, suaradewata.com - Dua unit Bus Desa Sehat Kabupaten Gianyar diluncurkan secara resmi oleh Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata di Wantilan Desa Sebatu, Kecamatan Tegalalang, Senin (29/2). Dengan adanya bus layanan kesehatan keliling ini, diharapkan warga yang selama ini tinggal di pelosok desa, dapat menikmati pelayanan kesehatan dengan lebih layak.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar Ida Ayu Dwi Cahyani mengatakan, Kabupaten Gianyar dengan jumlah penduduk sebanyak 529.991 jiwa, 132.115 jiwa diantaranya merupakan penduduk miskin belum lepas dari pelbagai penyakit yang mengancam. DBD, keracunan diare, ISPA, maupun rabies masih menjadi masalah kesehatan yang harus menjadi perhatian.”Penanggulangannya perlu pelayanan cepat,”ucapnya.
 
Bus Sehat, lanjut dia, menjadi penunjang kebutuhan kesehatan di UPT Kesmas maupun Pustu desa yang sudah berjalan baik sejauh ini. Bus tersebut nantinya stand by di dua lokasi, yaitu Kecamatan Ubud dan Kecamatan Blahbatuh. “Kedua wilayah itu untuk menjangkau Gianyar barat dan Gianyar timur,”ucapnya.
 
Lebih lanjut Dayu menerangkan, bus keliling tersebut dilengkapi dengan peralatan medis yang menunjang  pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, EKG, IVA, kegawatdaruratan, hingga promosi kesehatan melalui audio visual.”Prioritas layanannya adalah desa yang cakupan kesehatannya masih kurang,”kata dia.
 
Bupati Gianyar Agung Bharata mengatakan, Pemkab Gianyar selalu berusaha mewujudkan pendekatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Salah satunya dengan ambulans kelilingyang dapat melayani pelayanan primer, seperti KIA/KB, perbaikan gizi, kesehatan lingkungan, pencegahan dan pemberantasan penyakit.
 
Dia berharap bus pelayanan kesehatan terpadu bergerak secara rutin memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat, khususnya di daerah pedesaan yang terpencil. "Ke depannya,saya ingin unit bus desa sehat dapat bertambah,”kata Bharata.
 
Sementara, Perbekel Desa Sebatu Wayan Pasek Yusa Bawa, sangat mengapresiasi keberadaan bus desa sehat. Menurutnya, hal itu merupakan ide cemerlang Pemerintah dalam mengayomi kesehatan masyarakat di daerah yang sulit dijangkau.” Warga yang rumahnya jauh dari UPT Kesmas kini dapat tersentuh dengan cepat,”kata dia. gus

TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER