Bali Darurat Sampah, Ketua PC KMHDI Karangasem Wakili Mahasiswa Angkat Suara

  • 27 April 2024
  • 13:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1332 Pengunjung
Ilustrasi

Karangasem, suaradewata.com- Permasalahan sampah masih menjadi momok yang mengerikan bagi Bali, tak terlepas juga sampai ke tingkat desa di Karangasem. Ini terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat tentang bagaimana mengelola sampah dengan baik padahal sampah memiliki dampak yang sangat buruk apabila tidak dikelola dengan baik seperti sumber penyakit, banjir, lingkungan tidak sehat dan masih banyak lagi.

Itulah yang diutarakan oleh I Komang Wiratama, Ketua Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Karangasem dalam keterangan rilisnya hari Jumat, 26 April 2024. Wira menyebut di Kabupaten Karangasem masih terdapat beberapa titik TPS yang mengalami over capacity dalam mengelola sampah kiriman.

“tentu ini menjadi PR kita bersama dan khususnya para pemangku kebijakan untuk mengupayakan sampah di Karangasem agar bisa dikelola dengan baik, “ ucap Wiratama.

Di sisi lain, ia juga mengeluhkan masih adanya masyarakat yang memilih untuk membuang sampah langsung ke sungai ataupun dibuang ke hutan. Walaupun sampah yang ada di Karangasem tidak sebanyak yang ada di kabupaten-kabupaten lain, Wira merasa hal itu tidak bisa membuat masalah sampah di Karangasem boleh dianggap enteng.

“saya melihat di beberapa desa di Karangasem masyarakat mensolusikan sampah dengan membuang ke sungai, ke hutan, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di sekitaran sungai dan hutan tersebut, “ sesalnya.

Ia berpesan kepada pemerintah agar dapat bergandengan tangan dengan masyarakat dalam menyikapi persoalan sampah, baik dalam bentuk upaya preventif maupun kuratif.

“upaya preventif bisa dengan mengadakan sosialisasi bahaya sampah ke sekolah-sekolah, desa adat, desa dinas, dan upaya kuratif dengan memastikan setiap sampah di desa se-kabupaten Karangasem dikelola dengan baik dan didukung dengan sarana prasarana memadai, “ tutupnya.ran/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER