Komisi I DPRD Tabanan Targetkan 20 Ranperda

  • 23 Februari 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3451 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com– Pasca rolling komis di DPRD Tabanan, kini komisi I yang diketuai Putu Eka Putra Nurcahyadi merapatkan SKPD – SKPD yang berada dibawah naunganya. Selain mengenalkan formasi komis I yang baru, dalam pertemuan Selasa, (23/2) juga diisi penyampaian program dari masing-masing SKPD.

Ketua Komisi I, I Putu Eka Putra Nurcahyadi menargetkan pada tahun 2016 ini merampungkan 20 Ranperda bersama SKPD seperti BKD, Inspektorat, BPMPD, Perijinan, satpol PP, BLH, Kabag Hukum, Kesbangpol Linmas, Dishubkominfo  dan Disdukcapil. Adapun ranperda yang akan di bahas yakn 7 ranperda  wajib seperti APBD, LPJ bupati dan JKN, dua ranperda inisiatif dan sisanya perda inspiratif dari masing-masing SKPD. “Kami menargetkan di tahun 2016 ini paling tidak mampu merampung 20 Ranperda baik bersifat wajib, inisiatif atau inspiratif,” kata Eka Putra usai rakor.

Persoalan lain yang perlu diperhatikan  kata Eka,  seperti pembuatan rencana program jangka menengah daerah (RPJMD)  untuk menterjemahkan program Tabanan serasi jilid II dengan jargon sehati membangun negeri. Hal ini sangat terkait dengan keberadaan UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah sehingga harus memiliki RPJMD sebagai penterjemahan visi misi bupati dan wakil bupati dalam menajalnkan roda pemerintahan di Tabanan. “Komisi I mendorong eksekutif untuk segrea membentuk RPJMD sesuai dengan visi misi tabanan Serasi jilid II,” tandasnya.

Satu hal  lagi kata  mantan ketua komisi II ini adalah persoalan RDTR. Saat ini Tabanan baru memiliki Perda tang RTRW. Namun perda yang mengatur detail setiap kecamatan  berupa RDR atau perda zonasi belum dimiliki kecuali untuk Kediri , Tabanan dan Penebel. Keberadan Perda RDTR sangta terkiat dengan program pembanguan di tabanan dapat terencana dengan baik sesuai dengan tata ruang yang ada. “kami akan mendortong untuk segera dibahas tentang RDTR,” tegasnya. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER