2017 PLTMG Beroperasi di Nusa Penida

  • 22 Februari 2016
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 4813 Pengunjung
suaradewata.com

Klungkung, suaradewata.com - Guna memenuhi kebutuhan listrik di Nusa Penida, PT. PLN Distribusi Bali yang merupakan program dari Indonesia Power, melakukan audiensi dengan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Senin (22/2). Pertemuan terkait dengan perencanaan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Micro Gas (PLTMG) yang rencanya akan dibangun diwilayah Nusa Penida.

Manager  Bidang Distribusi PT. PLN Bali, Alam Awaludin  didampingi Manager PT. PLN Bali Timur, Made Suamba menyampaikan PLTMG akan di bangun di wilayah Desa Kutampi tepatnya di Kantor PLN Nusa Penida. Sedangkan untuk depo gas akan dibangun di wilayah Banjar Nyuh, Nusa Penida. “Dari Banjar Nyuh, gas akan di distribusikan ke lokasi PLTMG dengan sambungan pipa,” ujar Alam.

Dijelaskan, pembangunan PLTMG saat ini memasuki tahap pengkajian. “Mudah-mudahan Maret sudah selesai dan dilanjutkan dengan pembangunan sehingga Tahun 2017 bisa beroperasi,” jelasnya. Ia berharap, kedepan pasokan listrik di Nusa Penida secara penuh bisa dilayani dengan PLTMG sebagai energy bersih atau ramah lingkungan. “Dengan gas dan energy terbarukan seperti bayu dan tenaga surya (PLTS) kita aktifkan kembali,” imbuhnya.

Untuk pemenuhan listrik, Alam mengatakan tahap awal akan dipenuhi sebesar 10 megawatt (MW). Namun tidak menutup kemungkinan akan ditambah mengikuti perkembangan kebutuhan. “Itu tergantung perkembangan di Nusa Penida, kita akan perbesar lagi sesuai kebutuhan,” tegasnya.

Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta menyambut baik dan mendukung pembangunan PLTMG di Nusa Penida. Suwirta berharap PLN Bali selalu melakukan kordinasi dengan instansi terkait. “Perbaikan jaringan dan pelayanan agar selalu ditingkatkan,” harapnya.

Sementara itu, dari hasil bedah Desa di Desa Ped, Nusa Penida beberapa waktu lalu, dimana saat itu ditemukan sekitar 50 KK di Dusun Pendem belum terlayani jaringan listrik, dihadapan PLN Bali, Bupati Suwirta berharap permasalahan tersebut  dapat degera tertangani dan  mengevaluasi kembali jaringan listrik  yang ada di Nusa Penida. (Jul)


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER