Koalisi Bali Mandara Uji Kelayakan 32 Kandidat

  • 07 Juni 2015
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 4070 Pengunjung

Denpasar, suaradewata.com - Sebanyak 32 figur lolos dalam penjaringan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, yang digelar Koalisi Bali Mandara untuk menghadapi Pilkada di enam kabupaten dan kota di Bali. 32 figur masih akan bertarung dalam tahap lanjutan.


Salah satu fase yang harus dilewati seluruh figur ini adalah uji publik yang digelar oleh tim Koalisi Bali Mandara. Dalam uji publik ini, ke-32 figur mengikuti beberapa proses. Salah satunya adalah fit and propertest (uji kelayakan dan kepatutan).

Fit and propertest ini, sudah mulai dilaksanakan di Sanur, Denpasar, Sabtu (6/6). Untuk kgiatan yang berlangsung selama tiga hari ini, Koalisi Bali Mandara menghadirkan 11 profesor dan pakar untuk menguji kesiapan serta kelayakan ke-32 figur tersebut.

"Proses ini memang cukup panjang. Ini dimulai dengan proses penjaringan bakal calon yang dilakukan oleh masing-masing partai politik yang tergabung dalam Koalisi Bali Mandara," kata Ketua Panitia Uji Publik Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Koalisi Bali Mandara, Gusti Putu Wijaya, dalam laporannya pada pembukaan acara ini.

Setelah penjaringan selesai, kata dia, tiba saatnya para bakal calon mengikuti uji publik. Salah satu hal penting dalam uji publik ini adalah mengetahui kesiapan serta kelayakan para bakal calon.

"Sehingga untuk fit and propertest ini, kita hadirkan 11 profesor dan pakar. Nanti para guru besar dan pakar ini yang akan menguji kesiapan serta kelayakan para bakal calon," jelas Wijaya.

Adapun 11 profesor dan pakar yang dihadirkan untuk fit and propertest tersebut, di antaranya adalah Prof. Dr. Nyoman Suparta, Prof. Dr. Yohanes Usfunan, Prof. Dr. I Wayan Dibia, Prof Dr. Putu Alit Sutanaya, Prof. Dr. I Gusti Ngurah Sudiana, Prof. Nengah Dasi Astawa, Prof. P. Windya, Dr. Nyoman Subanda, Prof. Ni Luh Kartini, Cokorda Raka Sukawati (Cok Ace) dan Prof. Dr. Ida Bagus Yudha Triguna.

Menurut Wijaya, pihaknya sengaja melibatkan akademisi, agar proses ini independen dan berkualitas. "Kita juga ingin partai bertanggungjawab atas proses rekrutmen calon pemimpin," tegasnya.

Hadir dalam pembukaan fit and propertest ini, Ketua Dewan Pembina Koalisi Bali Mandara Made Mangku Pastika. Tampak juga hadir pimpinan partai politik yang tergabung dalam koalisi ini, yakni Ketua DPD Partai Golkar Bali Ketut Sudikerta, Ketua DPD Partai Demokrat Bali Made Mudarta, Ketua DPD Partai Gerindra Bali IB Putu Sukarta, Ketua DPP PKPI Bali Kadek Nuartana dan Ketua DPW PKS Bali Mudjiono. san


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER