Koalisi PDIP - Gerindra Badung Diberi

  • 30 Mei 2015
  • 00:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 3650 Pengunjung

Denpasar, suaradewata.com - DPC Partai Gerindra Kabupaten Badung selama ini paling getol menolak skenario yang dirancang Koalisi Bali Mandara (KBM). Mereka cenderung ingin menentukan sendiri arah koalisi jelang Pilkada Badung, 9 Desember mendatang.


Menariknya, beberapa waktu terakhir DPC Partai Gerindra Kabupaten Badung juga membuka pendaftaran calon bupati. Selain itu, mereka juga cenderung mengarahkan koalisi ke PDIP.

"Perlawanan" DPC Partai Gerindra Kabupaten Badung ini, rupanya membuahkan hasil. Sebab, malah diberikan kebebasan untuk menentukan arah koalisi dalam Pilkada Badung 2015.

"Lampu Hijau" ini dibenarkan oleh Ketua DPD Partai Gerindra Bali Ida Bagus Putu Sukarta, saat dikonfirmasi melalui saluran telepon di Denpasar, Jumat (29/5). Menurut dia, pihaknya tak mempersoalkan Partai Gerindra Badung yang saat ini sedang membuka pendaftaran bakal calon bupati.

"Apa yang dilakukan DPC Partai Gerindra Badung itu, tidak masalah," kata anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI ini.

Sukarta menambahkan, dalam menghadapi Pilkada serentak Desember 2015, pengurus di kabupaten dan kota memang diberikan kebebasan untuk menentukan pilihan dan arah koalisi. Begitu pula dengan Partai Gerindra Badung, yang cenderung ingin berkoalisi dengan PDIP.

Hanya saja untuk konteks Bali, kata dia, pilihan utama koalisi bagi Partai Gerindra tetap mengarah ke Koalisi Bali Mandara. "Soal koalisi, pilihan utama tetap dengan Koalisi Bali Mandara," tegas Sukarta, yang juga mantan Wakil Ketua DPRD Bali itu.

Nantinya, kata dia, di Koalisi Bali Mandara akan ada kesepakatan-kesepakatan terkait pencalonan. Namun apabila kesepakatan dimaksud tidak tercapai, maka alternatif arah koalisi lain juga dimungkinkan.

"Sehingga terkait penjaringan yang dilakukan Partai Gerindra Badung, tetap akan kita sampaikan ke DPP Partai Gerindra. Seperti apa keputusannya, kita serahkan ke pusat,' ujar Sukarta.
 
Sejauh ini proses penjaringan oleh DPC Partai Gerindra Kabupaten Badung, jalan terus. Jumat (29/5) misalnya, empat anggota DPRD Badung kompak mengambil formulir pendaftaran di Sekretariat DPC Partai Gerindra Badung.

Mereka adalah I Nyoman Sentana, I Gede Arianta, I Made Wijaya dan I Kadek Sudarmaja. Keempatnya datang dengan membawa puluhan pendukung masing – masing.

Karena mengambil formulir bersamaan, maka proses penyerahan formulir juga dilakukan secara bersaaman oleh Ketua Panitia Penjaringan DPC Partai Gerindra Kabupaten Badung, Nyoman Sentana. Adapun Sentana yang juga ikut mengambil formulir, menerima formulir dari Sekretaris Panitia Penjaringan Nyoman Lukius.

Menurut Sentana, pihaknya hanya menjalankan instruksi DPP Partai Gerindra, untuk melakukan penjaringan internal sesuai kesepakatan dalam Rapimnas. Karena itu sebagai panitia, usai menjaring nantinya nama – nama akan diserahkan ke DPC. Dari DPC kemudian diserahkan ke DPP Partai Gerindra melalui DPD.

Tentang arah koalisi, saat ini Partai Gerindra Badung belum mengambil keputusan. "Sesuai instruksi DPP, kami melakukan proses penjaringan di internal dulu. Nanti untuk urusan koalisi, menunggu instruksi lebih lanjut dari DPP,” pungkas Sentana. san


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER