TPS Unik di Bajera Kelod, Semua Petugas TPS Perempuan

  • 13 Februari 2024
  • 08:15 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1904 Pengunjung
Ketua KPU Tabanan, I Wayan Suwitra saat melakukan monitoring dan bertemu dengan 7 KPPS perempuan yang nantu bertugas di TPS Bajera Kelod, Selemadeg. SD/gin/ist

Tabanan, suaradewata.com -  Akan ada TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang unik dalam pemilu 2024 di Kabupaten Tabanan, salah satunya adalah TPS 01 Bajera Kelod yang lokasinya di balai banjar setempat. Dari 7 petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) yang akan bertugas di TPS tersebut semuanya berjenis kelamin perempuan. Tidak hanya itu dua orang Linmas yang akan bertugas, termasuk Pengawas TPS (PTPS) begitu juga aparat kepolisian dan TNI yang bertugas saat pencoblosan 14 Pebruari 2024 disana adalah perempuan.

Ketua PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Selemadeg, I Putu Adi Wirawan saat dikonfirmasi Minggu, (10/02/2024) membenarkan hal itu. “Iya memang sesuai arahan pimpinan, kami menyiapkan TPS 01 Bajera Kelod petugas KPPSnya semua perempuan, begitu juga dengan pengawas TPS dan petugas keamanan,” ucapnya. Hal itu sebagai bentuk emensipasi, dan penghormatan terhadap kaum perempuan, bahwa dalam politikpun kaum perempuan memiliki peran yang strategis dan penting. Nanti semua KPPS yang berjumlah 7 orang itu kata dia, adalah warga setempat yang terdaftar di TPS tersebut. “Mereka semua adalah warga setempat yang nanti akan melayani pemilih di TPS tersebut,” jelasnya.

Dari catatan data pemilih di KPU Tabanan di TPS 01 Bajera Kelod, Desa Bajera, Kecamatan Selemadeg jumlah pemilihnya sebanyak 278 pemilih dengan rincian pemilih laki-laki 139 dan pemilih perempuan 139 orang.

Sementara Ketua KPU Tabanan, I Wayan Suwitra, SH yang melakukan monitoring persiapan TPS 01 Bajera Kelod, mengatakan jajarannya sudah siap melakukan pemungutan suara di TPS 01 Bajera Kelod. “Iya kita sudah lakukan monitoring, terkait persiapan TPS yang petugasnya semua perempuan,” ucapnya.

Dia mengaku sudah memberikan pembekalan khusus, bagaiman melayani pemilih dengan senyum, sopan dan tetap sesuai aturan sehingga proses demokrasi berjalan dengan lancar. “Kita sudah bertatap muka dengan 7 KPPS yang semuanya perempuan, sekaligus kita mengecek kesiapan TPSnya yang memang di desain khusus, tampak lebih meriah,” bebernya.

Sementara secara terpisah Ketua Bawaslu Kabupaten Tabanan, I Ketut Narta saat dikonfirmasi membenarkan hal itu. “Iya memang ada permintaan dari KPU untuk di TPS 01 Bajera Kelod PTPSnya sudah kita siapkan yang bertugas disana adalah PTPS perempuan, dan sudah kita berikan pembekalan juga,” tegas Narta. gin/red


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER