Persiapan Ida Bhatara-Bhatari Batur Melasti Ke Segara Watuklotok, Ini Jalur Yang Bakal Dilintasi 

  • 10 Oktober 2023
  • 19:25 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1491 Pengunjung
Persiapan jelang Melasti dan jalur yang bakal dilalui. SD/Ist

Bangli, suaradewata.com - Serangkaian Karya Agung Danu Kerthi, Tawur Agung Labuh Gentuh, Meras Danu lan Gunung, Bakti Pakelem ring Segara lan Puncak Gunung Batur, Mapaselang lan Mapadanan yang puncaknya jatuh pada 14 Oktober 2023, masyarakat adat Batur bersama elemen umat Hindu akan melaksanakan ritual melasti ke Segara Watuklotok, Klungkung pada Rabu (11/10) hari ini. Rombongan dijadwalkan berangkat pada pukul 07.00 WITA dari Pura Ulun Danu Batur dengan perkiraan pangiring lebih kurang 500 mobil.

Rombongan akan berjalan dari Pura Ulun Danu Batur ke arah selatan melalui Jalan Raya Kintamani Penelokan. Tiba di Simpang Dewi Sri, rombongan akan mengambil jalur ke kanan menuju Jalan Raya Sekardadi dan melaju terus ke selatan.

Tiba di Simpang Kayuambua, rombongan akan mengambil jalur kanan menuju Jalan Raya Kayuambua menuju arah Susut dan berbelok hingga menuju Kota Bangli. Pada simpang tiga Jalan Kesumayudha-Jalan Brigjen Ngurah Rai-Bangli, rombongan bergerak ke selatan melalui Jalan Brigjen Ngurah Rai-Bangli, melewati patung Adipura dan melalui Jalan Merdeka. Rombongan terus melaju ke selatan melewati Taman Bali dan seterusnya, hingga memasuki Desa Sidan-Gianyar.

Sampai di Simpang Tiga Sidan-Astina Timur, iring-iringan akan melaju ke arah timur melalui Jalan Raya Tulikup-Jalan Raya Banjarangkan. Tiba di Simpang Jalan Raya Banjarangkan-Jalan Melasti II rombongan berbelok ke kanan melalui Jalan Melasti II, melewati Jalan Banjar Losan hingga sampai di Jalan Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra. Selanjutnya, rombongan akan berjalan ke arah timur melalui Bypass Ida Bagus Mantra dan berbelok ke kanan melalui Jalan Pantai Klotok.

Sementara itu, rute balik dilalui dengan mengambil rute Jalan Klotok menuju Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra menuju ke barat dan bergerak ke utara di Simpang Empat Bypass Ida Bagus Mantra-Tojan-Pantai Klotok. Dari jalan Raya Tojan rombongan terus lurus ke utara menuju Jalan Puputan sampai di Simpang Empat Jalan Puputan-Jalan Kecubung-Jalan Rama, Klungkung. Dari sana rombongan bergerak ke timur mengambil Jalan Rama hingga sampai di ujung.

Pada Simpang Tiga Jalan Rama-Jalan Diponegoro, rombongan bergerak ke kiri (ke barat) melalui Jalan Diponegoro hingga sampai di Bundaran Patung Kanda Pat, Klungkung. Dari sana rombongan bergerak ke kiri (utara) melewati Jalan Gajah Mada.

Selanjutnya rombongan akan bergerak ke utara melalui Jalan Raya Besakih-Jalan Gunung Agung Besakih hingga sampai melewati Desa Suter dan sampai di Simpang Tiga Suter-Penelokan. Dari sana, rombongan akan mengambil arah ke kiri dan turun melalui Jalan Windu Sara dan Jalan Raya Kedisan. Di Simpang Tiga Kedisan rombongan berbelok ke kiri melalui Jalan Pendakian Gunung Batur menuju Pura Jati.

Pangemong Pura Ulun Danu Batur yang juga Manggala Prawartaka Karya, Jero Gede Batur Duhuran memohon permakluman kepada masyarakat umum. Khususnya desa-desa yang dilalui dan pengguna jalan yang akan dilalui rombongan. “Terkait dengan Ida Bhatari Ratu Lunga Melasti, kami memohon permakluman kepada masyarakat umum yang menggunakan jalan pada waktu-waktu tersebut karena pasti akan mengganggu arus lalu lintas. Kami memohon waktunya sejenak sembari mengarahkan untuk mencari jalur alternatif,” kata Jero Gede.ard/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER