Bupati Sedana Arta Ajak Masyarakat Sukseskan TMMD Ke-120

  • 08 Mei 2024
  • 17:30 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1340 Pengunjung
Bupati Sedana Arta saat membuka dan meninjau pelaksanaan TMMD ke-120 di Desa Tiga, Susut, Rabu (8/5). SD/Ist

Bangli, suaradewata.com - Pogram TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), telah banyak memberikan sumbangsih dan andil yang luar biasa berharga yang hasilnya sungguh dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia khususnya di kabupaten Bangli, Bali. Semangat kegotong royongan membangun bangsa mulai dari pinggiran yakni Desa, semua bahu membahu, memberikan sumbangan pikiran dan gagasan, sumbangan tenaga dan keterampilan, sumbangan materi dan kebendaan serta lain sebagainya. 

Demikian diungkapkan Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta saat menjadi Pembina upacara yang sekaligus membuka pelaksanaan TMMD ke-120 Tahun 2024 yang mengusung tema “Darma Bakti TMMD mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah” Rabu, (08/05/2024) di Lapangan Kecamatan Susut, Bangli. “Saya selalu merasa senang atas kegiatan-kegiatan yang berbasis kegotong royongan untuk kesejahteraan masyarakat sebagaimana TMMD, membantu masyarakat terutama yang terisolir dengan membangun jalan dan jembatan agar memudahkan aksesibilitas masyarakat untuk mereka yang akan bekerja, bersekolah, berkegiatan sosial, keagamaan dan aktivitas lainnya," ujarnya. 

Tidak hanya itu, dalam TMMD ke-120 yang dilaksanakan di desa Tiga, Susut ini, juga dilaksanakan kegiatan berupa rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), membangun jambanisasi ataupun sanitasi. "Hal ini sangat baik bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat yang lebih layak dan lebih sehat," ujar Bupati Sedana Arta. Selain itu, Bupati Sedana Arta mengapresiasi upaya- upaya untuk terus mengedukasi masyarakat tentang nasionalisme, tentang ancaman terorisme dan radikalisme, serta bahaya narkoba. "Ini sangat penting dan strategis ditengah berbagai persoalan kebangsaan. Jadi, TMMD bukan semata membangun sarana bagi masyarakat Desa. Tapi, TMMD juga membangunkan semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi," jelasnya.

Begitu pun masyarakat juga ingin memberikan kontribusinya bagi negeri. "Itulah suatu keinginan dan satu tujuan yang harus diintegrasikan dalam satu langkah nyata untuk membangun desa dan kehidupan rakyatnya yang makin baik, layak, sehat dan sejahtera," bebernya. Lebih lanjut, Sedana Arta juga mengajak kepada seluruh masyarakat Bali untuk bersama-sama menyukseskan program pembangunan yang mensejahterakan masyarakat Desa. Bangun Desa dengan tanpa pernah meninggalkan kearifan lokal, identitas, budaya dan adat istiadat yang dimiliki. Yang diharapkan adalah Desa yang maju, fasilitas pelayanan dasar masyarakat lengkap, SDM yang berkualitas, mandiri, punya spiritualitas tinggi, kreatif dan inovatif serta berkarakter kebangsaan yang kuat. "Dan tidak kalah pentingnya mampu melestarikan kebudayaan Bali yang suci dan sakral," tutupnya.

Acara tersebut turut dihadiri juga oleh Danrem 163/Wira Satya beserta istri, Danrindam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, Aster Kasdam IX/Udayana, Danlanal Denpasar, Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Kakesdam IX/Udayana, KahubdamIX/Udayana, KazidamIX/Udayana, Danpomdam IX/Udayana, Kababinminvetcaddam IX/Udayana, Kajasdam IX/Udayana, Kabekangdam IX/Udayana, Kapaldam IX/Udayana, Kepala Dinas terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli, Camat Susut, beserta instansi terkait lainnya.ard/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER