Bupati Dana Tengok Hari Pertama Perkuliahan Mahasiswa Politeknik Negeri Bali di Karangasem

  • 12 September 2023
  • 13:15 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1438 Pengunjung

Karangasem, suaradewata.com- Sebanyak 48 Mahasiswa Politeknik Negeri Bali di Karangasem mulai memasuki hari perkuliahan pertamanya. Mengetahui hal ini, Bupati Karangasem I Gede Dana menyempatkan diri mengunjungi Kampus PNB Karangasem yang berlokasi di SKB Jasri pada Senin 11 September siang.

 

 

 

Bupati Dana ingin melihat dan memberikan semangat kepada mahasiswa dalam menjalani hari pertama perkuliahan mereka. Tentu saja hal ini membuat para dosen dan mahasiswa menjadi begitu antusias. Mereka tampak begitu senang ketika menerima kehadiran Bupati di kampus negeri pertama di Kabupaten Karangasem ini.

 

 

 

Bupati Gede Dana dalam wawancara bersama Tim Prokopim menyampaikan Politeknik Negeri Bali kampus Karangasem memulai penerimaan mahasiswa baru pada awal tahun 2023, sebagai wujud dari program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) daerah tersebut.

 

 

 

"Misi Pemkab Karangasem di bidang pendidikan dan peningkatan SDM hampir sepenuhnya tercapai. Salah satunya di tahun 2023 Politeknik Negeri Bali kampus Karangasem mulai menerima mahasiswa baru dua Program Studi yang bisa dipilih yakni D3 Perhotelan dan D3 Administrasi Bisnis," kata Bupati Gede Dana.

 

 

 

Bupati Gede Dana menjelaskan berdirinya kampus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Bali Timur itu berkaitan dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Karangasem, yaitu peningkatan SDM yang handal, berdaya saing tinggi, serta membangun pariwisata yang handal melalui pembangunan destinasi dan promosi yang ditunjang dengan infrastruktur pedesaan yang memadai dan terkoneksi.

 

 

 

Pendirian kampus di Kabupaten Karangasem tersebut tak lepas dari proses panjang, hingga akhirnya berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek secara umum, pendirian kampus dinilai memenuhi persyaratan.

 

 

 

Bupati Dana dalam kunjungan tersebut juga menyampaikan harapannya agar kampus yang telah didirikan dengan susah payah, menjadi milik bersama, dan dapat dimanfaatkan secara maksimal, berkesinambungan untuk menjadikan masyarakat Karangasem lebih cerdas dan kritis. Bahkan, jika memungkinkan untuk bisa menjadi kampus terbaik.

 

 

 

Sementara itu, Direktur Politeknik Negeri Bali I Nyoman Abdi, menjelaskan, dirinya turut bahagia atas terwujudnya kehadiran kampus negeri di Kabupaten Karangasem. Setelah melalui proses panjang yang diakhiri dengan proses visitasi dan verifikasi sebelum PTN tersebut didirikan untuk memastikan kesiapan Kabupaten Karangasem dalam menyelenggarakan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Politeknik Negeri Bali.

 

 

 

“Untuk awal pendirian, kami telah menyiapkan dua prodi yakni Perhotelan dan Administrasi Bisnis. Kita lihat perkembangan ke depan, tidak tertutup kemungkinan menambah prodi lagi seperti Pertanian dan Teknik Mesin, sesuai kebutuhan masyarakat Karangasem,” kata Abdi.

 

 

 

Di tahun pertamanya ini, Politeknik Negeri Bali kampus Karangasem telah menerima 48 orang mahasiswa baru jurusan Perhotelan dan Administrasi Bisnis. Dalam proses perkuliahan, pihak kampus juga nantinya akan melakukan kerjasama dengan industri pariwisata yang dapat menjadi lokasi praktek mahasiswa hingga merekrut lulusannya kelak. Hal ini sebagai upaya dalam mendukung peningkatan SDM sesuai visi misi Pemerintah Kabupaten.rls/nov/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER