Undiksha Sabet Dua Penghargaan NKA Terbaik Kemendikbudristek

  • 02 Mei 2024
  • 16:05 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1304 Pengunjung
Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd menerima penghargaan dari Kemendikbudristek RI, di Jakarta, pada Selasa (30/4/2024)., hms.

Buleleng, suaradewata.com- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI memberikan dua penghargaan Nilai Kinerja Anggaran (NKA) terbaik tingkat nasional Tahun 2023 kepada Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) yang diterima langsung Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd di Jakarta, pada Selasa (30/4/2024).

Undiksha meraih penghargaan terbaik I pada kategori Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU) dengan Nilai Kesesuaian Antara Rencana dan Implementasi Tertinggi dengan raihan skor NKA sebesar 100 persen dengan predikat sangat baik. Selain itu, perguruan tinggi di bentangan Bali Utara ini meraih posisi terbaik III kategori PTN dengan Pola Pengelolaan Keuangan BLU, dengan raihan NKA sebesar 95,74 persen dengan predikat sangat baik. 

Rektor Undiksha Wayan Lasmawan didampingi Wakil Rektor Undiksha Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Umum, Prof. Dr. I Wayan Artanayasa, S.Pd.,M.Pd menyampaikan penghargaan ini adalah hasil kerja bersama seluruh civitas akademika Undiksha dalam balutan keharmonisan. “Semoga momentum ini bisa lebih memotivasi segenap warga Undiksha untuk berkinerja lebih baik di semua dimensi prestasi kelembagaan,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan dalam kinerja pengelolaan keuangan, Undiksha senantiasa berpegang pada regulasi dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh kementerian, dengan tetap berupaya mensinergikan semua potensi sumber daya yang ada dalam keharmonisan.

Dan guna meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran, tegas Lasmawan Undiksha telah melakukan langkah-langkah strategis, antara lain memastikan bahwa setiap personal pengelola keuangan adalah yang kompeten serta terampil di bidangnya, mengoptimalkan pengelolaan dan penginputan kinerja anggaran berbasis online di dalam aplikasi Sistem Perencanaan, Evaluasi, dan Akuntabilitas Kinerja (SPASIKITA) dan Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) secara maksimal. 

Selain itu, meningkatkan dan memastikan kepatuhan terhadap Prosedur Operasional Standar (POS) di setiap level, serta meningkatkan dan memastikan E-Planing dan E-Budgeting telah terlaksana secara optimal. Undiksha tengah berproses untuk menjadi PTN Badan Hukum (BH). Dalam hal ini, menurut Rektor Lasmawan tentunya capaian ini bukan akhir dari kinerja Undiksha, tetapi menjadi sebuah tanggungjawab dan tagihan kinerja yang semakin membaik ke depannya.

"Kita inginkan juga Undiksha bisa menjadi International Reputable University in Education and Leadership (IRUEL). Tentunya capain kali ini dapat menjadi motivasi untuk mewujudkan kinerja yang semakin baik,” tandasnya.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A dalam arahannya menyampaikan penetapan dan pelaksanaan kebijakan, program, dan anggaran harus selalu fokus pada tiga hal, yaitu alokasi dan pemanfaatan yang berkualitas, berbasis kinerja, dan berorientasi kepada hasil. Dengan berfokus pada tiga hal tersebut menunjukkan dukungan terhadap reformasi birokrasi yang menjadi salah satu prioritas pemerintah pada saat ini.

"Ketiga hal tersebut harus senantiasa menjadi pedoman kita dalam melanjutkan gerakan merdeka belajar agar upaya perbaikan layanan pendidikan dan kebudayaan dapat terus dan semakin terakselerasi,” pungkasnya.sad/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER