Wabub Kasta Kunjungi Dadong Sayang

  • 02 Juni 2016
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 3049 Pengunjung
suaradewata

Klungkung, suaradewata.com – Desak Nyoman Sayang (80), seorang janda lanjut usia dari Dusun Griya, Desa Nyalian Kecamatan Banjarangkan hidup sebatang kara tanpa memiliki sanak saudara. Dengan tubuhnya yang sudah tua renta, Desak Nyoman Sayang bertahan hidup hanya dari bantuan dan belas kasihan tetangganya.

Meskipun sudah tua, dirinya namun masih kuat berjalan mengumpulkan daun kelapa untuk dijadikan sarana upacara dan kemudian diberikan kepada tetangga di sekitar rumahnya. Sebagai gantinya, Desak Nyoman Sayang akan memperoleh bantuan sekadarnya dari tetangganya.

Desak Nyoman Sayang tinggal di dapur yang sekaligus menjadi kamar tidurnya. Rumahnya di bagian balai dajabalai dauh serta merajannya tak terawat dan sudah rusak karena dimakan usia.

Perbekel Desa Nyalian I Bagus Alit Negara bersama warga berinisiatif melaporkan keadaan warganya itu kepada Wakil Bupati Klungkung Made Kasta guna memohonkan bantuan Bedah Rumah.   

Menindaklanjuti laporan itu, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta langsung berkunjung ke Desa Nyalian untuk mencari tahu kebenaran laporan tersebut. Didampingi Perbekel Ida Bagus Alit Negara, Wabup Made Kasta menemui Desak Nyoman Sayang di kediamannya Kamis (2/6/2016).

Dengan ekspresi sumringah bercampur haru bahagia Desak Nyoman Sayang menyambut kedatangan Wabup Kasta. Desak Nyoman Sayang pun langsung menceritakan penderitaan hidupnya setelah ditinggal mati suaminya 15 tahun lalu.

Menurut Perbekel Desa Nyalian I Bagus Alit Negara, wanita lansia ini hanya beberapa kali saja pernah mendapat bantuan sembako. Dirinya berharap Desak Nyoman Sayang bisa segera memperoleh bantuan rehab/bedah rumah, sehingga bisa hidup dengan layak.  

Wabup Made Kasta manyampaikan rasa prihatinnya atas kondisi yang dialami Desak Nyoman Sayang. Wabup Kasta berjanji akan segera memerintahkan Dinas Sosial untuk melakukan verifikasi dan mendata bantuan yang pantas diterima Desak Nyoman Sayang.

Selain mengunjungi Desak Nyoman Sayang, di Desa Nyalian Wabup Kasta juga  mengunjungi sejumlah warga miskin lainnya yang juga memohon bantuan bedah rumah dari Dinas Sosial kabupaten Klungkung, diantaranya Jromangku Nyata (45), Ni Nyoman Sunati (43) serta Keluarga Ketut Arsa (44). jul


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER