Panwaslih Pelototi TPS Rawan

  • 29 November 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2880 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Dalam pilkada Tabanan 9 Desember mendatang Panwaslih Kabupaten Tabanan mulai mengambil ancang-ancang. Beberapa TPS yang dianggap rawan akan dipelototi dan diawasi secara berlapis. “TPS yang kami anggap rawan, akan kita beri pengawasan berlapis, guna menjaga pemilukada berjalan dengan aman dan lancar,” tegas Ketua Panwaslih Tabanan I Made Rumada, Minggu (29/11).

Mana-mana saja TPS yang dianggap rawan, Rumada enggan mengungkapkannya, yang jelas dari 10 kecamatan pihaknya menengarai ada beberapa TPS yang dianggap rawan dan perlu mendapat perhatian khusus. Rawan yang dimaksud adalah adanya peluang kecurangan dengan modus Money politic, intimidasi, pemilih mewakilkan, pemilih mengambil surat suara lebih dari satu, termasuk kemungkinan mencoblos lebih dari satu. “Sejumlah modus itu menjadi perhatian kami dalam pengawasan di setiap TPS,” tandasnya.

Untuk TPS yang dianggap rawan pihaknya akan melakukan langkah-langkah pencegahan, dengan melakukan pengawasan khusus termasuk memanfaatkan PPS dan menempatkan pengawas pemilihan lapangan atau PPL. “Di beberapa TPS rawan PPL akan kita tugaskan khusus melakukan pengawasn berlapis,” ucapnya.

Selain pengawasan berlapis di TPS rawan, pihaknya juga berkonsentrasi pada proses pungut hitung pada hari H Pilkada 9 Desember 2015 mendatang.  Pihaknya juga telah melantik dan memberikan pelatihan kepada 779 petugas pemantau lapangan yang akan bertugas di masing-masing TPS. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER