Puluhan Pengacara Siap Bela Dharma-Negara

  • 13 Oktober 2015
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1942 Pengunjung

Denpasar, suaradewata.com  - Puluhan advokat atau pengacara yang tergabung dari lintas organisasi seperti IKADIN, KAI dan akademisi serta para regal memberikan dukungan kepada pasangan calon nomor urut satu walikota Denpasar dan wakilnya yaitu Ida Bagus Rai Dharma Wijaya Mantra - A.A Jaya Negara (Dharma Negara).

Puluhan advokat itu mendeklarasikan diri dengan sebutan Tim Advokasi Dharma-Negara yang bertugas menjaga, mengawal, dan mengantisipasi hal-hal yang tidak inginkan terutama mulai dari tahapan kampanye, masa pencoblosan, mengawal kemenangan hingga proses pelantikan.

Ketua Tim Advokasi Dharmanegara Made Suardana mengatakan, proses deklarasi ini dilakukan menitikberatkan pada dua hal yakni pertama proses ligitasi dan non ligitasi.

"Kita akan mengawal dan mengantisipasi masa tahapan kampanye, pencoblosan hingga pilkada selesai," kata Made Suardana saat deklarasi di Denpasar, Selasa (13/10).

Dilibatkannya para akademisi dan para regal bertugas untuk melakukan investigasi saat ada hal yang dirasa telah mencederai proses demokrasi di perhelatan pilkada. Pihaknya membantah jika berdirinya organisasi lintas advokat ini lantaran adanya ketakutan dari ancaman pihak sebelah yang telah menggulirkan sejumlah isu dan laporan yang berbau fiktif.

"Kami bukan karena takut akan intimidasi dari tetangga sebelah (red, pasangan nomor urut 3 yakni I Made Arjaya-Rai Sunasri). Setelah deklarasi jika ada yang mencederai pasangan urut nomor 1 dengan laporan berbau fiktif, adanya kebohongan upaya mengintimidasi orang lain dengan kedok hukum, maka kalau jalan baik-baik tidak bisa ditempuh maka jalur hukum yang akan kami tempuh," tandasnya.

Intinya kita akan mengawal sampai dilantiknya Dharma Negara, ucap Suardana dan melawan jika memang ada yang berani melawan dengan unsur-unsur seperti tersebut diatas, imbuh dia.

Lanjut Suardana mengatakan, untuk jangkauannya sendiri pihaknya membatasi dalam hal proses pilkada, seperti jika itu menyangkut aktivitas di luar atau berupa tuduhan maka pihaknya akan mengamati terlebih dahulu.

"Hingga saat ini belum ada hal-hal demikian yang kita tangani, " katanya didampingi wakil Sekretaris Tim Advokasi Jimmy Usunan dan wakil sekretaris Made Somiya Putra.

Jimmy Usunan juga mengungkapkan, pihaknya memiliki ilmu pengetahuan dalam ilmu hukum maka tak ada salahnya jika selama proses tahapan pilkada hingga usai harus dikawal agar jangan sampai proses pilkada tercederai dan tergredarasi.Amo/ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER