Pemkab Gianyar Bantu Korban Kebakaran

  • 10 September 2015
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2171 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com– Untuk membantu meringakan bebanwarga yang terkena musibah, Pemkab Gianyar melalui Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyerahkan paket sembako, pakaian, peralatan dapur, matras serta tenda. Hal tersebut diungkapkan  Kadis Sosial Gianyar, I Wayan Suardana yang diwakili Sekdis Sosial Gianyar, I Made Wisnem saat serahkan paket sembako, pakaian, peralatan dapur serta tenda ke keluarga korban kebakaran, di Banjar Buruan, Desa Tampaksiring, Gianyar, Kamis (10/9).

Lebih lanjut, I Made Wisnem mengatakan pemberian paket sembako, peralatan dapur, pakaian serta tenda ini akan diberikan ke empat keluarga korban kebakaran di dua kecamatan di Kabupaten Gianyar. Keempat keluarga tersebut, I Nyoman Karma asal Banjar Buruan, Desa/Kecamatan Tampaksiring, I Wayan Wacen, serta I Made Taman keduanya asal Banjar Manukaya Anyar, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, dan kepada keluarga, I Wayan Suarsa asal Banjar Blahtanah, Desa Batuan Kaler, Kecamatan Sukawati. Keempat keluarga tersebut merupakan korban bencana kebakaran beberapa waktu lalu. Pemkab Gianyar selalu menghimbau warga agar selalu waspada dan siaga terhadap segala bentuk bencana. Apabila terjadi bencana agar segera melaporkan ke instansi terkait.  “Kami ingin meringankan beban mereka, semoga kedepan bantuan bisa dioptimalkan lagi,” terang Made Wisnem.

Sementara penerima bantuan, I Nyoman Karma akui perhatian Pemkab Gianyar terhadap dirinya cukup baik, pria asal Banjar Buruan, Desa/Kecamatan Tampaksiring ini menceritakan kalau rumahnya yang berukuran 5X8M ludes terbakar , Selasa, (1/9) lalu. Bangunan 8X5M yang ditempati keluarganya terbakar pukul 22:30 Wita, saat itu ia sendirian dirumah dan mendengar beberapa kali ledakan di dalam kamar. Karma tidak sadar kalau itu merupakan percikan api, pertama dikira hanya tikus saja.” Sudah sering terdengar suara seperti letusan, saya kira hanya tikus, setelah kepulan asap tebal menyembul dari atap rumah, baru saya sadar kalau itu kebakaran,” imbuh, I Nyoman Karma.

Kepulan asap yang mulai muncul mengagetkan dirinya, sekita ia matikan listrik dan teriak minta tolong. Suara Kulkul Bulus/Kentongan di Banjar Buruan serentak undang warga datang kerumahnya dan berusaha padamkan api. Api yang menjalar tidak sempat merembet ke rumah lainnya karena bisa dipadamkan warga dan bantuan petugas pemadam kebakaran.

Senada yang diungkapkan Perbekel Manukaya, Dewa Putu Kencana kalau perhatian Pemkab Gianyar memang serius dalam menangani bencana yang menimpa warga. Dua KK asal Desa Manukaya juga menerima  bantuan dari Pemkab Gianyar. Pemkab Gianyar menyerahkan, matras, pakaian, tenda, alat dapur, sembako, serta peralatan lainnya.  Saat peristiwa terjadi, Minggu, (23/8) lalu, warga sedang menghadiri HUT STT Banjar Manukaya di balai banjar. Sekitar pukul 21:00Wita, kompor yang menyala di dapur I Made Taram lupa dimatikan, sehingga menyebabkan kebakaran. “Kami secara spontan datang ke rumah korban dan berusaha memadamkan api,”terang Dewa Putu Kencana. gus

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER