Bupati Giri Prasta Diberi Paica Keris di Pura Dalem Camusen Blahbatuh Gianyar

  • 08 April 2024
  • 21:40 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 2356 Pengunjung
Bupati Nyoman Giri Prasta menerima paica Keris dari Ida Pedanda Istri Manuaba, saat menghadiri Uleman Karya Memungkah dan Menawa Ratna di Pura Dang Kahyangan Dalem Camusen Desa Adat Blangsinga, Desa Saba, Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Senin, (08/04/2024). Ang/SD/ist

Badung, suaradewata.com - Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, diberikan paica berupa keris yang diserahkan langsung oleh Ida Pedanda Istri Manuaba. Hal itu saat Giri Prasta menghadiri Uleman Karya Mamungkah, Mupuk Pedagingan, Tawur Labuh Gentuh, Mapedudusan Agung dan Menawa Ratna di Pura Dang Kahyangan Dalem Camusen Desa Adat Blangsinga, Desa Saba, Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Senin, (08/04/2024).

Puncak karya yang dipuput oleh Ida Peranda Gede Manuaba dari Griya Manuaba Blangsinga turut dihadiri Camat Blahbatuh, I Wayan Gede Eka Putra, Tripika Blahbatuh, Perbekel Desa Saba, Ketut Redhana, Bendesa Adat Blangsinga, I Wayan Murtika, Tokoh Masyarakat Blangsinga, Ajik Krisna.

Bupati Giri Prasta mengucapkan, rasa syukur kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan Ida Bhatara-Bhatari yang berstana di Pura Dang Kahyangan Dalem Camusen. Terlebih dirinya bisa hadir langsung di Desa Adat Blangsinga Blahbatuh. Bupati Giri Prasta juga berharap seluruh krama pengempon diberikan keselamatan dan kerahayuan dalam melaksanakan upacara karya pujawali.

"Saya merasa bangga bisa hadir di tengah tengah krama Desa Adat Blangsinga yang melaksanakan upacara pujawali di Pura Dang Kahyangan Dalem Camusen. Semoga karya ini berjalan lancar sida sidaning don nemu labda karya, paripurna lan swadarma ring Kahuripan, serta secara bersama-sama ngastiti bakti, semoga Ida Hyang Widhi memberikan jalan dan anugerah bagi krama dalam melaksanakan upacara seperti sekarang ini," ucap Bupati Giri Prasta.

Dalam pelaksanaan Pujawali, Bupati Giri Prasta mengatakan, Puja itu dilaksanakan oleh Sulinggih bersama Pemangku sedangkan Walinya dilaksanakan oleh welaka, ada Sekaa Gong, Pesantian, Topeng Sidakarya, tari Rejang dan renteng itu yang dimaksud puja wali. “Dengan dilaksanakan upacara hari ini tidak hanya untuk kebaikan untuk Desa Adat Blangsinga tetapi ini juga untuk kebaikan Nusantara,” ungkapnya. Sebagai bentuk Ngastiti Bhakti kepada Ida Betara, Bupati Giri Prasta membantu dana secara pribadi sebesar Rp 50 Juta.

Sementara itu Bendesa Adat Blangsinga, I Wayan Murtika, menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan, punia serta kehadiran Bupati Badung. Terlebih dalam hal ini Bupati Giri Prasta telah memenuhi undangan krama pengempon sekaligus menjadi upasaksi karya pujawali di Pura Dang Kahyangan Dalem Camusen, serta ikut ngastiti bakti kehadapan Ida betara di Pura Dang Kahyangan Dalem Camusen. Ang/red


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER