Lapas Tabanan Tes urine 30 WBP Peserta Rehab

  • 20 Februari 2024
  • 16:55 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2115 Pengunjung
Tes Urine dan Asesmen Awal peserta program rehab Lapas Tabanan, Senin (19/02/2024) di Aula Candra Prabhawa. SD/ayu/ist

Tabanan, suaradewata.com  – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tabanan menggelar  kegiatan Tes Urine dan Asesmen Awal bagi Peserta Kegiatan Program Rehabilitasi Sosial Narkotika Tahun 2024 oleh Tim Kelompok Kerja (Pokja) Rehabilitasi Sosial Narkotika Lapas Tabanan bekerjasama dengan Asesor Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Badung, Senin (19/02/2024) di Aula Candra Prabhawa.

Kegiatan diawali dengan pelaksanaan tes urine bagi 30 orang Warga Binan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Tabanan peserta Rehabilitasi Sosial yang dilaksanakan oleh Tim Pokja Rehab serta dibantu oleh anggota regu jaga dalam pengamanan pelaksanaan kegiatan tes urine tersebut. Dari 30 orang WBP yang dites urine hasilnya semua negatif.

Setelah selesai dites urine, para peserta rehab kemudian mengikuti kegiatan asesmen awal yang pada pelaksanaannya dilakukan oleh 3 orang Asesor. 2 (dua) orang Asesor dari BNNK Badung yaitu Gede Denny Kartika dan Putu Nata Permata Sari serta 1 (satu) orang Asesor internal, Luh Putu Tresnadewi yang juga merupakan dokter Lapas.

Asesmen awal ini sendiri mempunyai tujuan untuk mengembangkan rencana terapi dan menentukan program atau layanan spesifik yang akan dilakukan terhadap para penyalahguna atau pecandu narkoba. “Asesmen ini dikerjakan untuk mengetahui 7 Domain peserta rehabilitasi yang meliputi status medik, status pekerjaan, status sosial, status ekonomi, riwayat ketergantungan obat, status psikologi dan kasus hukum yang dihadapi,” terang dr. Tresna

Kepala Lapas Tabanan, Muhamad Kameily meminta Warga Binaan peserta rehabilitasi dapat mengikuti kegiatan tes urine maupan asesemen dengan sungguh-sungguh dan berharap mereka dapat terbebas dari ketergantungan obat-obatan terlarang. “Saya berharap teman-teman Warga Binaan peserta Rehabilitasi dapat mengikuti asesmen dengan baik dan tertib serta aktif dengan memberikan jawaban yang benar atas pertanyaan yang disampaikan oleh Asesor,” ucapnya.

Pada akhir kegiatan dilaksanakan pengisian World Health Organization Quality of Life (WHOQOL) tahap awal. Aspek yang dinilai dalam pengisian WHOQOL antara lain aspek kesehatan, aspek psikologis, aspek hubungan sosial dan aspek hubungan dengan lingkungan. Hasil WHOQOL tersebut merupakan salah satu acuan dalam pemberian terapi bagi peserta rehabilitasi yang akan mengikuti program Rehabilitasi Sosial Lapas Tabanan Tahun 2024. Ayu/red

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER