Vaksin Booster 2 Kini Sasar Masyarakat Umum

  • 12 Maret 2023
  • 18:30 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1603 Pengunjung
Pelaksanaan Vaksinasi Inklusif di Gereja Katedral Roh Kudus Denpasar, Sabtu (11/3/23)

Denpasar, suaradewata.com– Vaksin booster 2 yang awalnya menyasar Nakes, kemudian lansia, kini sudah menyasar masyarakat umum. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Dr. A.A Ngurah Gede Dharmayuda M. Kes, saat diwawancarai dalam kegiatan vaksinasi inklusif, Denpasar, Sabtu (11/3/23).

"Vaksin booster yang awal menyasar Nakes, kemudian lansia, sekarang berdasarkan edaran kementerian kesehatan itu sudah mulai menyasar masyarakat umum, " terangnya.

Ia menyampaikan pemerintah tetap menggencarkan vaksinasi dalam rangka menjaga daya tahan tubuh masyarakat Indonesia untuk menghadapi virus Covid-19. Ia juga mengajak masyarakat harus tetap waspada.

"Kalau bicara vaksin, yang penting adalah untuk tetap menjaga daya tahan tubuh terhadap Covid 19 apapun variannya, " tuturnya disela meninjau pelaksanaan vaksinasi inklusif di Gereja Katedral Roh Kudus Denpasar.

Ia menyebutkan untuk persiapan vaksinasi inklusif tersebut, Dinkes menyiapkan hingga 79 vial dosis dari 3 jenis vaksin dan menurunkan 2 tim.

"Hari ini kita ada 3 jenis vaksin, itu Pfizer, Indovac dan Zifuvax. Target peserta hari ini hampir 500an, makanya kita turunkan 2 tim, " tandasnya.

Diketahui jumlah vaksin yang disediakan dalam kegiatan Vaksinasi Inklusif ini sebanyak 45 vial Pfizer, 9 vial Indovac dan 25 vial Zifuvax. Dosis vaksin tersebut disalurkan dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas 1 Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Timur dan UPTD Puskesmas Denpasar Selatan.

Terakhir ia menyampaikan laporan persentase angka penerima vaksinasi Covid-19 di Bali cukup memuaskan.

"Dosis 1, 2 dan penyaluran booster kita tertinggi di Bali. Sudah di atas 140% rata-rata. Untuk booster nakes sudah 100% di Denpasar, untuk lansia 12% dan untuk layanan umum mencapai hampir 28%," terangnya.

"Kalau di total, untuk vaksin ke empat Denpasar baru mendekati 10%. Bahkan ini di skala nasional masih bagus, karena secara nasional masih di bawah 10%, " tutupnya.ran/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER