Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Jatah Kursi Dewan di Gianyar Bertambah, Jumlah Penduduk Tembus 500 Ribu Lebih

  • 05 Oktober 2021
  • 15:10 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1255 Pengunjung
Ketua KPU Kabupaten Gianyar, I Putu Agus Tirta Suguna

Gianyar, suaradewata.com - Sesuai dengan pasal 191 ayat 2 huruf f, Undang - undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, kabupaten/kota dengan jumlah penduduk lebih dari 500ribu sampai dengan 1juta orang memperoleh alokasi 45 kursi DPRD. Sementara jumlah penduduk Kabupaten Gianyar per Agustus 2021 sebanyak 501.817 orang. Diperkirakan pada Pemilu 2024, jumlah kursi DPRD Kabupaten Gianyar akan bertambah 5 kursi. 

Ketua KPU Kabupaten Gianyar, I Putu Agus Tirta Suguna saat dikonfirmasi mengatakan, KPU Kabupaten Gianyar setelah melakukan sinkronisasi data kependudukan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gianyar dan Dukcapil RI ternyata data kependudukan sudah sesuai dan sinkron. "Jumlah penduduk di Gianyar per Agustus 2021 sebesar 501.817 orang, dengan kategori laki-laki sebanyak 250.848 orang dan perempuan 250.469 orang," terang Agus Suguna. 

Lebih lanjut dijelaskannya, sesuai dengan data jumlah penduduk saat ini sampai dengan tahapan Data Agregrat Kependudukan per Kecamatan (DAK 2) dari pusat, bisa dipastikan ada penambahan jumlah kursi di DPRD Kabupaten Gianyar. "Dari 40 kursi menjadi 45 kursi," ujarnya. 

Kemudian dari DAK 2 yang diterima dari pusat tersebut, apakah di masing-masing kecamatan  ada penambahan penduduk yang memungkinkan proses daerah pemilihan (dapil) maupun pemecahan dapil. "Itulah proses-proses yang sedang kami (KPU Gianyar-red) lakukan untuk persiapan Pemilu tahun 2024," kata Agus. 

Namun Agus Suguna tidak menampik kemungkinan penambahan kursi bisa saja tidak terjadi jika jumlah penduduk saat tahapan DAK 2 kurang dari 500 ribu orang. "Proses pengurangan jumlah penduduk sangat dinamis yang disebabkan oleh perpindahan penduduk, pencatatan data penduduk tidak dilakukan sementara proses mencari akta kematian bertambah. Sehingga data kependudukan berkurang sementara yang lahir belum tercatat," katanya. 

Ia mencontohkan, di awal tahun 2021 data jumlah penduduk di Gianyar sebesar 503 ribu orang, namun karena saat pandemi ini banyak masyarakat yang mengurus akta kematian atau pindah domisili ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, akhirnya per Agustus 2021 turun menjadi 501 ribu orang.gus/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER