Lima Kali Berturut-Turut, Pemkab Bangli Kembali Pertahankan Predikat WTP 

  • 24 Mei 2021
  • 22:15 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1654 Pengunjung
istimewa

Bangli, suaradewata.com - Lima kali secara berturut-turut, Pemkab Bangli kembali mampu mempertahankan perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian atas hasil pemeriksaan laporan keuangan pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2020 yang dilakukan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Pemberian predikat terbaik tersebut terungkap saat Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta. didampingi Ketua DPRD Kabupaten Bangli I Ketut Suastika dan Sekda Bangli, Ida Bagus Gde Giri Putra, menerima  laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2020 yang diserahkan oleh Plt. Kepala BPK Perwakilan Provinsi Bali, Sri Haryoso Suliyanto, di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Provinsi Bali, Senin (24/05/2021). Turut menyaksikan kegiatan tersebut, Gubernur Bali, Wakil Gubernur Bali dan Ketua DPRD Provinsi Bali.

Perolehan predikat WTP kali ini merupakan yang ke-5 kalinya bagi Pemkab Bangli secara berturut-turut dari tahun ke tahun. Plt. Kepala BPK Perwakilan Provinsi Bali, Dr. Drs. Sri Haryoso Suliyanto, M.Si, CSFA, dalam sambutannya mengatakan sesuai dengan visi dan misinya, senantiasa untuk turut serta dalam peningkatan tata kelola keuangan yang baik melalui pemeriksaan keuangan. Salah satunya pemeriksaan LKPD. “Berdasarkan hasil pemeriksaan BPK, opini BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun anggaran 2020 pada Kabupaten Bangli adalah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” tegasnya.

Tindak lanjut dari itu, pihaknya mengharapkan sesuai dengan pasal 20 ayat (3) UU No.15 tahun 2004 tentang Pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara agar pemerintah Kabupaten/Kota segera menindak lanjuti rekomendasi BPK selambat-lambatnya 60 hari setelah laporan hasil pemeriksaan diterima. “Kami harapkan hasil pemeriksaan ini dapat memberikan dorongan dan motivasi untuk memperbaiki pertanggungjawaban pelaksanaan APBD,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, menyampaikan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Bali atas predikat WTP yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Bangli dan juga ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Bangli atas usaha dan kerja keras untuk meraih predikat WTP. “Semoga raihan WTP atas pelaporan keuangan pemkab Bangli Tahun Anggaran 2020 ini bisa menjadi penyemangat bagi kita untuk pencapaian-pencapaian terbaik bagi kabupaten bangli di bidang yang lainnya,” tegasnya.

Disamping itu, Bupati Sedana Arta menegaskan, WTP ini diharapkan bisa memberikan keyakinan APBD Kabupaten Bangli memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Bangli. “Kedepan tentu tantangan akan semakin berat. ASN harus lebih meningkatkan kinerja dengan profesional untuk menghadapi tantangan sistem pemerintahan 4.0 yakni Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),   E-Budgeting, E-Planning, Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), Pengadaan Secara Elektronik dan E- Kinerja dan lain-lain,” pintanya. ard/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER