Bangkitkan Pariwisata, Lima Event Wisata di Tabanan Ini Lolos ke Tahap Presentasi

  • 25 Maret 2021
  • 09:20 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1786 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Untuk membangkitkan pariwisata Tabanan, Dinas Pariwisata Tabanan mengajukan 6 festival ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Festival tersebut diharapkan dapat membangkitkan pariwisata di Tabanan yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

 

Namun dari 6 festival yang diajukan, hanya 5 festival yang lolos dan memasuki tahap presentasi untuk nantinya bisa digelar di tahun 2021 ini.

Kepala Dinas Pariwisata Tabanan, I Gede Sukanada menyebutkan kelima event tersebut di antaranya digelar di DTW Tanah Lot dan DTW Jatiluwih. Kemudian Tabanan Hub, Festival Kerambitan, dan Festival Uma Abian. 

Ditambahkannya jika pengusulan enam event itu merupakan tindak lanjut dari program revitalisasi pariwisata. Selain itu usulan tersebut merupakan hasil komunikasi dengan pihak Kemenparekraf. "Secara nasional ada 120 lebih. Dari Bali hanya lolos 12. Lima di antaranya event yang diusulkan dari Kabupaten Tabanan,” tegasnya Rabu (24/3/2021).

Dan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan berbagai hal untuk mempresentasikan kelima event yang lolos tahap pertama tersebut. Dan apabila lolos dalam tahap ini maka kelima event tersebut rencananya akan dilaksanakan tahun ini. "Dan itu  dengan anggaran pendampingan dari pemerintah pusat sebesar 30 sampai 40 persen. Sisanya ditambah dengan anggaran dari pemerintah daerah," paparnya.

Hanya saja, kata dia saat ini kondisi anggaran daerah juga belum bisa mendukung secara penuh. Sehingga pihaknya tetapnya berharap pemerintah pusat nantinya dapat mendukung penuh pelaksanaan festival tersebut. 

Sedangkan satu usulan yang tidak lolos adalah event bernuansa sport tourism yang pelaksanaannya dikerjasamakan dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).  Karena pertimbangan anggaran yang begitu besar, yakni mencapai Rp 6 Miliar, event tersebut dicoret. "Itu awalnya rencananya digelar dengan mengundang beberapa negara. Dan lokasi pelaksanaannya di kawasan pesisir pantai. Surfing salah satunya, tapi tidak lolos," tandasnya.ayu/utm


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER