Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bupati Mahayastra Siapkan Langkah Strategis Tangani Covid 19

  • 16 Oktober 2020
  • 19:55 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1185 Pengunjung
istimewa

Gianyar,suaradewata.com - Jumlah warga yang positif covid 19 di Kabupaten Gianyar terus bertambah. Bahkan berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Bali, hingga Kamis (15/10), tercatat 1.315 warga di kawasan seni ini yang positif covid 19, dengan 1.056 warga dinyatakan sembuh. Melihat kondisi ini Bupati Gianyar I Made Mahayastra sudah mengambil langkah strategis, dengan gerak cepat mendeteksi klaster penularan, hingga menyiapkan dua hotel untuk karantina OTG.

Berdasarkan data GTPP Bali hingga Kamis (15/10) tercatat tambahan pasien positif sebanyak 14 orang, sehingga total kumulatif 1315 warga yang positif. Sementara pasien sembuh juga bertambah 12 orang, total tercatat 1056 warga sembuh. Sementara warga yang meninggal dunia akibat terpapar covid 19 tercatat sebanyak 55 orang.

Sementara menurut Bupati Gianyar I Made Mahayastra peningkatan warga yang positif covid setiap harinya sudah melandai. " Yang positif covid, mungkin sudah mulai melandai. Tetapi turun bukan berarti tidak ada. Turun dari titik tertinggi yang pernah terjadi di gianyar, " katanya usai mengikuti sidang di DPRD Gianyar Jumat (16/10).

Tidak hanya itu ia juga mengungkapkan warga yang sembuh juga terus bertambah. Kini pihaknya hanya berharap warga sembuh terus bertambah dan tidak ada lagi yang meninggal minat covid 19. " Sembuh sudah semakin tinggi. Harapan kita yang sembuh tinggi, positif berkurang, dan yang meninggal jangan sampai ada lagi. Lama-lama akan jadi zona hijau, " katanya.

Pihaknya juga sudah mengambil langkah strategis guna meminimalisir angka positif covid 19, dengan mendata klaster warga yang sebelumnya terpapar covid. " 

Langkah strategis, klaster sudah kita data semua, klaster ini kita cegah dengan mengacu pada protokol penanganan covid itu sendiri. Ini kuncinya di klaster. Sekarang klaster keluarga, kantor. Bahkan kita sudah deteksi per-desa, " katanya.

Tidak hanya itu sesuai intruksi Pemrov Bali, pihaknya juga menyiapkan dua hotel untuk warga yang positif covid namun tanpa gejala atau orang tanpa gejala (OTG). Pemda Gianyar menyiapkan dua hotel seputaran Ubud. "Karantina dibiayai provinsi, dua hotel sudah cukup, yakni Hotel Maxone dan Suly itu sudah mengcover 100 kamar, " katanya.

Sementara Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya menambahkan tempat karantina ini hanya diperuntukan untuk OTG. Berbeda dengan kebijakan sebelumnya yang membolehkan OTG karantina di rumah masing-masing. "Sesuai intruksi provinsi untuk memutus mata rantai, OTG harus dikarantina, " katanya.

Sekda membeberkan untuk OTG di hotel Suli per Kamis (15/10) dengan kapasitas 60 kini terisi 30 bed. Sementara warga yang dinyatakan sembuh 47 OTG, sehingga tempat karantina ini sudah pernah ditempati 77 OTG. Sementara untuk hotel Hotel MaxOne memiliki kapasitas 47 bed, namun masih terisi 18 bed pada Kamis kemarin. Sebelumnya ada 3 OTG yang sembuh, sehingga lokasi ini sudah ada 18 OTG yang sembuh. gus/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER