Putri Koster : Cara Mencegah Covid-19 Bisa Melalui VDJ

  • 13 September 2020
  • 19:30 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1580 Pengunjung
google

Denpasar,suaradewata.com - Walaupun sulit untuk benar-benar menghilangkan kemungkinan terkena Covid-19, namun setiap keluarga diharapkan dapat meminimalisir resiko penularan dengan memperhatikan faktor VDJ di rumah dan keluarga, yang dimulai dari VENTILASI  (membuka jendela atau pintu pagar agar udara segar mengalir dan menghindari berada di ruangan tertutup khususnya dengan anggota keluarga yang rentan dan keluarga yang sering keluar rumah, red).

Kemudian DURASI (menyediakan kamar terpisah jika ada anggota keluarga yang harus bekerja di luar rumah dan kurangi interaksi dengan anggota yang rentan, red). Selanjutnya JARAK (jika memungkinkan, anggota keluarga yang bekerja di luar diharapkan menjaga social distancing dan menggunakan masker disekitar keluarga lainnya, khususnya lansia dan balita, selain itu perlu diingatkan untuk menjadi perhatian kita bersama bahwa pada saat ini transmisi Covid-19 telah bermunculan berbagai Klaster (Klaster Pasar, Kampus, perkantoran dan lain-lain), begitu juga mulai mengancam unit sosial terkecil yaitu Klaster Keluarga. Klaster Keluarga terjadi saat salah satu anggota keluarga terinfeksi virus, lalu menularkan ke anggota keluarga lainnya sehingga satu rumah tangga tertular COVID-19 saat berada di rumah sendiri,red).

Demikian imformasi yang disampaikan Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny Putri Suastini Koster saat menjadi narasumber dalam Dialog Interaktif 'Perempuan Bali Bicara' di Bali TV, Sabtu (12/9).

Lebih lanjut dikatakannya, untuk mencegah transmisi Klaster Keluarga agar tidak semakin masif dapat dilakukan dengan memperbanyak tes sweb massal ke level Kelurahan dan RT oleh Pemprov, Pemda dan Dinkes. Perbanyak atau konsisten melakukan edukasi dan sosialisasi komunikasi risiko ke warga, menggandeng tokoh warga atau pemuka agama untuk edukasi, membuat kebijakan untuk membatasi mobilitas warga dan melarang keramaian publik melalui sistem contact tracing diperkuat, serta tetap mematuhi protokol kesehatan di manapun dan kapanpun baik secara individu ataupun berkelompok.

Sebagai penutup, Ny Putri Koster mengingatkan agar kader PKK selalu membawa masker lebih di tasnya, sehingga saat menemukan seseorang yang tidak menggunakan masker di jalan, langsung bisa diedukasi, sekaligus diberikan masker. Hal ini sebagai upaya meminimalisir penularan Covid-19 dan memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.awp/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER