Akun FB Dihack, Komisioner KPU Tabanan Lapor Polisi

  • 22 Juli 2020
  • 14:15 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1990 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com - Kasus hack akun media sosial masih marak terjadi. Acap kali akun yang berhasil di hack kemudian digunakan untuk menipu dengan modus meminta transfer sejumlah uang. Kali ini peristiwa tersebut menimpa Komisioner KPU Tabanan I Ketut Sugina. Dimana akun media sosial Facebook miliknya dihack oknum tidak bertanggungjawab.

Informasi yang dihimpun di lapangan menyebutkan, Sugina mengetahui jika akun Facebooknya di hack pada Rabu pagi (22/7/2020) setelah ditelepon oleh beberapa orang temannya yang sempat menerima pesan dari akun Facebook bernama Ketut Sugina lengkap dengan foto profil dirinya. 

Dalam pesan Messenger tersebut, akun Facebook yang telah dihack itu meminta dikirimkan sejumlah uang melalui rekening. Hanya saja rekening tersebut atas nama Saleh Wiguna, sehingga membuat teman-teman Sugina merasa aneh.

"Beberapa teman merasa janggal karena nomor rekening yang dikirimkan bukan atas nama saya, sehingga saya langsung ditelepon dan di Whatsapp. Tapi belum ada teman-teman yang mengirimkan uang," ujarnya.

Atas informasi tersebut, Sugina langsung mengecek akun Facebook miliknya dan benar saja, akun Ketut Sugina sudah tidak bisa dibuka lantaran pasword akun telah diganti oleh seseorang. "Setelah itu saya langsung share informasi khususnya kepada orang-orang yang mengenal saya bahwa akun saya itu dihack dan tidak menghiraukan apabila mendapatkan pesan dari akun itu," sambungnya.

Dan karena dirinya yang merupakan penyelenggara pemilu, ia pun memutuskan untuk melaporkan peristiwa tersebut ke Polres Tabanan, sehingga jika terjadi pelanggaran IT termasuk meminta sesuatu pihak kepolisian sudah memiliki data. "Saya sudah laporkan peristiwa ini semoga tidak ada yang menjadi korban, yang jelas ini sangat merugikan saya, karena nama saya dicemarkan. Saya hanya berharap semoga segera bisa dilacak dan diambil tindakan sesuai hukum," pungkas Sugina.ayu/utm


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER