Tim Wasev Kunjungi TMMD ke-108 di Payangan

  • 21 Juli 2020
  • 19:40 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1736 Pengunjung
istimewa

Gianyar, suaradewata.com -  Pelaksanaan Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Kodim 1616/Gianyar di kecamatan Payangan sudah berjalan selama tiga pekan sejak dibuka secara resmi pada tanggal 30 Juni 2020 lalu. Sejalan dengan perkembangan pelaksanaan TMMD ke-108, Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) dari Sterad mengunjungi dan mengawasi pelaksanaan TMMD ke-108 dengan ketua Tim Kolonel Inf. I Kadek Subawa (Paban V Bhakti Sterad).

Kolonel Inf I Kadek Subawa, mengucapkan terimakasih kepada bupati Gianyar dengan dukungannya untuk mensukseskan TMMD di wilayah Kabupaten Gianyar. "Maksud kedatangan kami guna melihat secara langsung dan mendapatkan masukan, evaluasi untuk program TMMD berikutnya," terang Kolonel Kadek Subawa dalam sambutannya.

Dandim 1616/Gianyar, Letkol Inf Frandi Siboro melaporkan operasi Bhakti TNI dengan melibatkan seluruh komponen bangsa sehingga terwujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. “TMMD sebagai salah satu dari bagian operasi Bhakti TNI yang dilaksanakan oleh satuan Komando Kewilayahan melalui pemilihan obyek giat yang bermanfaat bagi masyarakat untuk mewujudkan kesejateraan,” jelas Letkol Inf Frandi Siboro.

Ditambahkannya, pelaksanaan TMMD tersebut bertujuan memperpendek jarak tempuh masyarakat Banjar Singaperang menuju Banjar Saren. Dimana semula harus menempuh jarak 35 km menjadi  4 km. “Memperpendek jarak tempuh masyarakat Banjar Saren yang akan bersekolah menuju SMPN 3 Buahan dari 30 Km menjadi 5 Km,” bebernya.

Selain itu dengan akses tersebut juga mempermudah masyarakat banjar Singaperang yang akan melakukan pemakaman semula harus menempuh jarak 8 km menjadi 3 km. “Dan dengan TMMD dapat membangun perekonomian masyarakat di sektor pariwaisata menuju Kebun Raya Pilan,” tambahnya.

Dijelaskan, pelaksanaan fisik TMMD sudah mencapai 80%, yang kegiatan sudah berjalan pembukaan jalan sepanjang 2.359 meter dan lebar 8 meter, pembuatan box decker panjang 30 meter, tinggi 5 meter, pembuatan 4 unit box culvert mencapai hasil 84 % dan pembuatan saluran beton sikluf panjang 100 merer dengan realisasi 61 meter.

Asisten II Sekda Gianyar, I Made Suradnya  mewakili Bupati Gianyar menyampaikan terima kasih kepada segenap jajaran dari Kodim 1616/Gianyar atas terlaksananya TMMD di Payangan. “Dengan TMMD, bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerah dan pembinaan keamanan wilayah,” jelas Bupati Gianyar yang dibacakan oleh Suradnya. Bupati Gianyar juga menyampaikan terima kasihnya atas evaluasi dan monitoring sehingga pelaksanaan TMMD ke depan lebih baik.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan sarana kontak kepada perwakilan dari masyarakat Desa Buahan Kaja dan Desa Kerta oleh Paban V Bakti TNI Sterad Kolonel Inf I Kadek Subawa. gus/rls/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER