Inovatif... Masyarakat Banjar Baler Pasar Kumpulkan Donasi untuk Warga yang Diisolasi

  • 28 Juni 2020
  • 15:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 2635 Pengunjung
Suaradewata

Badung,suaradewata.com - Masyarakat di Banjar Baler Pasar Desa Darmasaba Kecamatan Abiansemal antusias mengumpulkan donasi. Pengumpulan donasi tersebut bertujuan untuk memberikan semangat dan dukungan terhadap warga yang diisolasi di Banjar Baler Pasar Desa Darmasaba sejak Minggu, (21/06/2020). 

Baca : https://www.suaradewata.com/read/202006280004/percobaan-bunuh-diri-di-darmasaba-camat-abiansemal-turun-tenangkan-warga.html

Kelian Banjar Dinas Baler Pasar Desa Darmasaba Kecamatan Abiansemal, Ketut Sania mengatakan masyarakat Banjar Baler Pasar kini sangat antusias memberikan dukungan berupa donasi kepada warga yang diisolasi di Banjar Baler Pasar. Warga yang diisolasi tersebut sejumlah 21 orang di rumahnya dalam satu pekarangan sejak hari Minggu, (21/06/2020). Yang berawal dalam satu keluarga disana ada yang reaktif setelah menerima cluster di luar Desa Darmasaba. Sehingga dua orang Sebelumnya sudah dijemput oleh tim medis Covid-19 untuk dikarantina.

"Jadi warga yang terisolasi 4 KK dengan jumlah 22 orang ditambah satu yang sudah sembuh, dan yang sudah sembuh itu langsung dikarantina di tempat kos milik saudaranya," ucap Ketut Sania, Minggu, (21/06/2020). 

Untuk satu orang yang sembuh itu sudah sejak hari Jumat, (26/06/2020), kembali ke pulang namun langsung dikarantina di tempat kos milik saudaranya, sedangkan yang lagi satu masih dikarantina. Selama isolasi, masyarakat Banjar Baler Pasar Desa Darmasaba memberikan dukungan kepada warganya yang diisolasi berupa donasi. Adapun donasi yang diberikan berupa uang maupun bantuan sembako..

"Ini murni inisiatif saya dan kemajuan dari masyarakat, biar ada rasa empati masyarakat kepada warga yang terdampak dan ini sifatnya tidak memaksa, saat ini sudah terkumpul Rp 15.350.000 dan sudah digunakan sampai saat ini Rp 6.193.000," terangnya.

Donasi dana tersebut digunakan untuk biaya konsumsi petugas dan keluarga yang diisolasi. Dan kami dari pihak Banjar tidak memberikan nasi bungkus untuk pagi dan siang hari, karena pagi dan siang hari warga yang diisolasi masak sendiri. 

"Jadi kami berikan berupa daging, sayur dan bumbu, itu disiapkan dari Banjar, kalau malam hari bisa lalapan atau nasi bungkus, karena ada warga yang didonasikan nasi bungkus," pungkasnya.

Kegiatan tersebut sebagai support Banjar terhadap warganya yang diisolasi dan didukung oleh desa adat dan desa dinas. Dimana Desa Adat menepatkan personil Pecalang, Desa Dinas menyiapkan logistik APD dan juga tim pemyemprotan disinfektan di seluruh Banjar.

"Untuk pertanggung jawaban donasi dana tersebut kami terus update di group WA di Banjar," ungkapnya. 

Camat Abiansemal, Ida Bagus Putu Mas Arimbawa mengapresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Banjar Dinas Baler Pasar  Desa Darmasaba, sekiranya kegiatan tersebut dapat ditiru oleh Banjar-Banjar lainnya yang memiliki warganya yang diisolasi maupun dikarantina mandiri. Sehingga kegiatan tersebut dapat mencerminkan tagnya Kabupaten Badung yakni gotong royong, cepat sasaran, gerak cepat dan tanggap darurat.

"Kegiatan ini sangat baik sekali, dimana saat dalam situasi sulit seperti ini, kita masih bisa memberikan dukungan yang positif terlebih lagi memberikan bantuan untuk kebutuhan sehari harinya," kata Ida Bagus Mas Arimbawa. 

Ia menjelaskan, untuk masyarakat yang dinyatakan reaktif sebelumnya di Desa Darmasaba merupakan cluster dari luar Desa Darmasaba. Sehingga masyarakat Darmasaba lainnya sudah pernah di Rapid Test dengan hasil non reaktif semuanya.  

"Jadi dua orang yang reaktif tersebut merupakan cluster diluar Desa Darmasaba, sehingga di Darmasaba saat ini sudah aman karena keluarga yang reaktif tersebut sudah diisolasi," jelasnya.

Selain Banjar Baler Pasar, pada hari Minggu, (28/06/2020), di Posko Gotong Royong Banjar Bersih Desa Darmasaba tampak salah satu warga juga menyerahkan bantuan sembako kepada petugas Satgas Gotong Royong Covid-19 Desa Adat Tegal saat Camat Abiansemal meninjau Posko Gotong Royong Banjar Bersih. Yang disaksikan langsung oleh PJ Perbekel Desa Darmasaba, Kelian Dinas dan Kelian Adat Banjar Bersih, Ketua Forum Pecalang Abiansemal dan anggota satgas gotong royong Desa Adat Tegal.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER