Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tarung Pilkada Bangli Bakal Seru, Paket Subrata-Ngakan Kutha Akhirnya Direkomendasi Golkar

  • 26 Maret 2020
  • 21:55 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1585 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com – Meski partai Golkar Kabupaten Bangli belakangan melakukan proses penjaringan calon Bupati dan Wakil Bupati dibandingkan dengan PDIP, namun rekomendasinya pertama kali telah turun. Sesuai prediksi sebelumnya, DPP Partai Golkar akhirnya mengeluarkan penetapan sementara calon kepala dan wakil kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Bangli 2020, tertanggal 21 Maret 2020. Dimana sesuai SK yang diteken langsung Ketua Umum DPP Partai Golkar,  Hartanto dan Sekjennya, Lodewijk F. Paulus tersebut, menugaskan pasangan calon I Made Subrata dipaketkan dengan Ngakan Made Kutha Parwata (SUTA) sebagai Cabup/Cawabup yang akan diusung oleh partai berlambang pohon beringin ini.

Tindak lanjut dari turunnya penetapan dari DPP tersebut, DPD II Partai Golkar Bangli rencananya akan menyerahkan SK penugasan itu langsung kepada masing-masing calon pada Jumat besok (27/03/2020). Plt. Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Bangli, I Gusti Winuntara saat dikonfirmasi Kamis (26/03/2020), membenarkan penunjukkan pasangan Subrata-Ngakan Kutha sebagai Cabup-Cawabup yang akan diusung dalam Pilkada Bangli 2020 mendatang telah ditetapkan oleh DPP Partai Golkar. “Iya , benar. SK DPP Partai Golkar tersebut telah menugaskan paket Subrata-Ngakan Kutha sebagai calon Bupati dan Calon Wakil Bupati yang akan maju dalam Pilkada Bangli 2020,” ungkap Winuntara.

Lanjut Winuntara,  direncanakan SK tersebut akan diserahkan secara langsung kepada masing-masing calon di Sekretariat DPD Partai Golkar Bangli. “Besok, pelaksanaan penyerahan SK tersebut akan kita lakukan di kantor DPD II Bangli kepada masing-masing calon,” jelasnya. Disampaikan juga, mengingat kondisi saat ini yang masih beresiko dengan terjadinya penyebaran virus corona direncanakan penyerahan SK tersebut tidak akan dilakukan secara besar-besaran. “Kita hanya mengundang pasangan calon dan pengurus DPD II, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Tindak lanjut dari itu, pihaknya juga mengaku masih berupaya melakukan penjajakan dan komunikasi dengan parpol lain non PDIP untuk bisa membangun koalisi besar. Sebab, menurut dia, untuk bisa menggeserkan batu besar yang selama ini menghalangi jalan mereka, harus dilakukan bersama-sama supaya lebih ringan. “Secara lebih detailnya, untuk maksud SK tersebut dan rencana membangun koalisi kita akan bicarakan juga besok saat penyerahan SK kepada calon,” pungkasnya.

Sebelumnya, sekedar mengingatkan pada masa penjaringan di DPD Partai Golkar Bangli  ada empat calon yang mendaftar menjadi dua paket. Yakni, pasangan Made Subrata yang tak lain merupakan adik kandung Bupati Bangli aktif  I Made Gianyar ini dengan Ngakan Kutha yang merupakan kader senior partai banteng moncong putih di Bangli. Selain itu, ada IB Gde Giri Putra yang saat ini masih menjabat sebagai Sekda Bangli berpaket dengan Sang Nyoman Erawan (Mantan Perbekel Awan).

Disisi lain, meski PDIP telah terlebih dahulu menuntaskan penjaringan, namun hingga kini secara resmi, induk partainya belum menurunkan rekomendasi. Meski demikian, disebut-sebut peluang besar yang akan merebut rekomendasi dari tangan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri yakni pasangan Sang Nyoman Sedana Arta-I Wayan Diar (Arta-Diar). Dimana Sedana Arta saat ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Bangli dan juga ketua DPC PDIP Bangli. Sedangkan Wayan Diar saat ini masih menjabat sebagai KEtua DPRD Bangli dan Sekretaris DPC PDIP Bangli. Diprediksi, jika skenario head to head bisa terwujud, pertarungan perebutan Bangli satu bakal seru antara mesin partai atau ego kewilayahan.ard/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER