WBP Lapas Tabanan Gelar Kerja Bhakti dan Hijaukan Pantai Yeh Gangga

  • 27 Maret 2019
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1801 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Tabanan yang tergabung dalam pasukan merah putih narapidana bersama petugas Lapas bersama-sama melaksanakan kegiatan bhakti sosial dan penanaman pohon di Pura Segara Pantai Yeh Gangga Tabanan, Rabu, (27/03/2019).

Beranggotakan 20 orang narapidana dan 30 orang petugas membersihkan areal Pura Segara, Pura Dalem dan areal wantilan serta setra yang ada disebelah timur Pura. Sebelum memulai kegiatan dilaksanakan matur piuning dengan ngaturang pejati kepada sesuwunan yang melingga di masing-masing Pura serta sembahyang bersama nunas keselamatan. 

Kalapas Tabanan, I Putu Murdiana menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 55 tahun 2019. Menindaklanjuti surat edaran Direktur jenderal Pemasyarakatan tentang pedoman rangkaian Hari Bhakti Pemasyarakatan salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah bhakti sosial pembersihan tempat -tempat ibadah dan penghijauan dengan penanaman bibit-bibit pohon mahoni.

"Bhakti sosial ini memiliki tujuan sebagai wujud pengabdian masyarakat, para warga binaan telah dianggap mencederai masyarakat dengan pelanggaran hukum yang telah diperbuatnya, sehingga dengan momentum ini, para warga binaan memiliki kesempatan untuk bersama sama masyarakat, bahu membahu dalam kegiatan sosial ini," jelas Murdiana, Rabu, (27/03/2019).

Selesai kegiatan bhakti sosial, dilanjutkan dengan kegiatan penanaman bibit pohon Mahoni oleh narapidana bersama-sama petugas. Diharapkan pohon ini suatu saat akan bermanfaat bagi masyarakat sekitar Desa Sudimara baik sebagai penghijauan maupun mencegah abrasi pantai yang semakin mengkhawatirkan. Kasi Binadikgiatja IGAP Mahendra menyampaikan bahwa bibit pohon mahoni ini dibibitkan di dalam lapas oleh warga binaan. 

"Apabila masyarakat ada yang membutuhkan boleh datang ke Lapas dan diberikan secara gratis," ucap Mahendra.

Kegiatan ini berakhir pukul 11.00 wita selanjutnya warga binaan beserta petugas bersama -sama mepamit dan kembali ke Lapas Tabanan dengan menggunakan beberapa buah kendaraan.ang/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER