Berikan Dampak Ke Petani, DTW Jatiluwih Berikan Pupuk Gratis

  • 21 Januari 2019
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2360 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com - Sebagai bentuk perhatian terhadap subak Jatiluwih, DTW Jatiluwih Kecamatan Penebel memberikan pupuk gratis kepada petani di tahun 2019. Pemberian pupuk gratis tersebut diharapkan dapat mendukung pariwisata berkelanjutan di DTW Jatiluwih.

Manager DTW Jatiluwih I Nengah Sutirtayasa mengatakan pemberian pupuk gratis tersebut untuk memberikan dampak langsung ke petani di Subak Jatiluwih Penebel. Bahwa program pupuk gratis ini diberikan dari Management DTW Jatiluwih kepada pihak Subak Jatiluwih. Dimana penyaluran pupuk tersebut dari Management DTW Jatiluwih melalui Bumdes Jatiluwih dan dari Bumdes Jatiluwih sendiri yang langsung memberikan kepada petani.

"Jadi pupuk gartis ini dalam setahun dianggarkan sekitar 200 juta untuk Subak Jatiluwih di 7 tempek," ucap Sutirtayasa, Minggu, (20/01/2019).

Selain pemberian pupuk gratis, juga ada program pengembangan jalan subak, kegiatan ritual ngusaba cenik dan gede serta kegiatan yang lainnya juga, seperti pemberian dana kesehatan dan dana kematian kepada masyarakat Jatiluwih. 

"Tujuan dari program ini (pupuk gratis) adalah lebih memberikan dampak kepada Subak di Jatiluwih sebagai obyek DTW Jatiluwih, tujuannya juga kedua kegiatan kepariwisataan di Jatiluwih didukung oleh masyarakat Subak, dimana untuk menciptakan Pariwisata berkelanjutan," ujarnya.

Sutirtayasa menerangkan, untuk di Management 2019 yang baru ini tentunya dari pupuk gratis ini ada divisi pelestariannya. Yang diharapkan bisa dalam hal pemakaian pupuk secara serentak yaitu mengarah ke pupuk organik. Selain pupuk gratis juga ada pemberian subdisi bibit padi paretas baru dimusim cicih selain beras merah. Selain subak Jatiluwih sebagai para pihak badan pengelola yang mendapat pahpahan/ pembagian manajemen oprasional DTW Jatiluwih dalam program CSR juga memberikan pupuk gratis. 

"Tentunya adanya DTW Management pengelola ini memberikan dampak sepenuhnya ke petani supaya mereka menjaga pelestarian lingkungan," terangnya.ang/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER