Taman Nusa Pikat Wisawatan Melalui Parade Budaya Nusantara

  • 15 September 2018
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2447 Pengunjung
suaradewata.com

Gianyar, suaradewata.com - Taman Nusa yang merupakan taman wisata budaya Indonesia mempersembahkan parade budaya nusantara sebagai sebuah paket wisata. Parade budaya ini pula akan disiapkan untuk menyambut sekitar 350 delegasi IMF World Bank bulan depan. Parade ini bisa dikatakan sebagai miniaturnya pawai Pesta Kesenian Bali, yang hanya bisa dinikmati setahun sekali. Oleh Manajemen Taman Nusa, parade budaya ini bisa digelar setiap saat. Dengan minimal 300-400 pengunjung dalam satu grup. Seperti tampak pada Jumat (14/9) kemarin, wisawatan asal Tiongkok menikmati parade budaya ala Taman Nusa. Sekitar 1.200 turis, berjejer rapi untuk menyaksikan dari dekat kekayaan budaya nusantara yang ditampilkan. 

Manajer Taman Nusa, I Nyoman Murjana menjelaskan parade budaya nusantara ini sudah berjalan sejak 2 tahun. Setiap tahunnya, pihaknya bisa menggelar 15 kali parade. "Seperti kali ini, parade digelar 3 kali berturut-turut hingga hari Minggu esok. Dengan rombongan terdiri dari sekitar 5.300 turis," jelasnya Jumat (14/9/2018). 

Parade ini melibatkan ratusan seniman dari berbagai daerah yang didukung oleh Sanggar Tari dan beberapa sekolah/SMK di Gianyar, Bangli dan Klungkung. Diawali dengan prosesi penyambutan saat kedatangan tamu di boulevard dan Gedung Daun Sirih kemudian dilanjutkan dengan Tour/Jelajah Indonesia di Kampung Budaya. Selain menampilkan kekayaan budaya Bali, seniman juga menampilkan tari nusantara seperti Kuda Lumping, Barongsai dan kesenian khas daerah ke-34 provinsi di Indonesia. 

Pihaknya pun berharap, paket wisata ini mampu menjadi daya tarik wisatawan. Terlebih saat gelaran IMF World Bank nanti Bali akan dikunjungi lebih dari 15.000 delegasi dan pendamping. "Taman Nusa bisa menjadi salah satu destinasi untuk tour para delegasi IMF dan pendamping selama mereka di Bali, sehingga mereka mendapat pengetahuan menyeluruh tentang budaya dari berbagai etnis Indonesia dengan cara yang menarik dan interaktif sambil menikmati suasana alam pulau Bali," ungkap Murjana yang akrab disapa Muri ini.

(Wisatawan Tiongkok tampak antusias menyaksikan Parade Budaya Nusantara ala Taman Nusa)

Ditambahkan Murjana, tingkat kunjungan wisatawan ke Taman Nusa mencapai 300-400 orang per hari. Hampir seimbang antara wisman dan domestik. "Rata kunjungan 300-400 per hari, 40% asing, 60% domestik. Saat ini masih didominasi market Cina, Australia, India dan Eropa," ujarnya. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER