KPU Badung Gelar Simulasi Pemungutan Suara di TPS Kepada Disabilitas

  • 29 Maret 2018
  • 00:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 2668 Pengunjung
suaradewata.com

Badung, suaradewata.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung gelar simulasi pemungutan suara di Aula SLB N 1 Badung di Jimbaran, Kamis (29/03/2018). Simulasi pemungutan suara tersebut digelar bagi pemilih penyandang disabilitas di Badung.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung Anak Agung Gede Raka Nakula mengatakan simulasi bagi penyandang disabilitas tersebut dipandang sebagai satu kesatuan tak terpisahkan dalam hal kesamaan hak suara dalam pemilu. Yang menjadi penting untuk mengerti dan paham bagaimana mekanisme serta alur dalam proses pemberian suara melalui pencoblosan di TPS.

"Dalam menjaga tingkat partisipasi pemilih dalam pemilu maupun Pilkada, menjadi penting bagi Komisi Pemilihan Umum untuk gencar melakukan sosialisasi kepada segenap segmen masyarakat pemilih yang ada," ucap Agung Raka Nakula, Kamis, (29/03/2018).

Ia menerangkan, sesi simulasi pemungutan suara di TPS dipandu oleh Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Sosialisasi, I Wayan Artana Dana, selanjutnya ditunjukkan dan dijelaskan kepada calon pemilih disabilitas mengenai tata cara pencoblosan di TPS. Elemen disabilitas yang terlibat dalam simulasi tersebut antara lain penyandang Tuna Rungu, Tuna Netra, dan Tuna Daksa. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana pemahamannya tentang tatacara pemberian suara maupun kesulitan yang dialami selama di TPS.

"Nampak dari hasil pencoblosan, setiap pemilih disabilitas mampu dan paham melakukan pencoblosan surat suara meski dengan pendampingan, dan dibuktikan dengan sahnya hasil coblosan pada surat suara," terangnya. ang/rat

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER