Validasi Data Pemilih Pilgub Bali 2018, KPU Badung rapatkan PPK

  • 01 Maret 2018
  • 00:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1978 Pengunjung
suaradewata.com

Badung, suaradewata.com- Sebagai upaya menyajikan Daftar Pemilih yang valid untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali pada hari Rabu, (27/06/2018), mendatang di Kabupaten Badung. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung menggelar rapat koordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Badung di Dalung, Kecamatan Kuta Utara (28/2/2018). 

Ketua KPU Kabupaten Badung Anak Agung Gede Raka Nakula mengatakan rapat koordinasi tersebut membahas proses input data pemilih di tingkat Desa/Kelurahan yang dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS). Sehingga menjadi tupoksi PPK untuk melakukan monitoring terhadap proses penyusunan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) yang akan diplenokan nanti pada hari Senin, (05/03/2018), sampai hari Rabu, (07/03/2018), oleh PPS. 

"Berkaitan dengan penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran, proses perekapan di tingkat Desa menjadi ujung tombak pemutakhiran data pemilih sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS), dan berlanjut menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT)," ucap Agung Nakula.

Dalam proses rekap ini, Ia menghimbau segenap jajaran PPK agar jika terdapat permasalahan di Desa saat proses input data untuk diinventarisasi terlebih dahulu. Selanjutnya, dikumpulkan di Kecamatan sehingga dapat dilakukan pendampingan oleh tim KPU Kabupaten Badung terkait dengan permasalahan yang dialami. 

"Hal ini sesuai dengan spirit dari tagline KPU Melayani, dimana tim KPU Kabupaten Badung akan berusaha semaksimalnya melakukan pendampingan hingga ke jajaran PPS," terangnya.

Pada rapat koordinasi tersebut yang dihadiri anggota PPK se-Kabupaten Badung, disampaikan pula berbagai permasalahan yang dihadapi. Diantaranya terkait input data secara manual di tingkat PPS, siapa saja yang diundang dalam rapat pleno, serta batasan waktu tahapan pemutakhiran data pemilih agar tidak melanggar jadwal tahapan yang telah ditetapkan.  

"Terkait permasalahan tersebut, pada intinya pendampingan akan dilakukan oleh KPU Kabupaten Badung, sehingga dapat tersusun data pemilih yang valid," paparnya.ang/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER