Beberapa Unsur Kepemudaan Dari Tabanan Datangi Pengungsi Gunung Agung

  • 27 Februari 2018
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 2958 Pengunjung
suaradewata.com

Karangasem, suaradewata.com- Situasi sulit yang dialami Pengungsi Gunung Agung, mengetuk hati banyak orang. Mereka bergantian menunjukkan kepeduliannya terhadap nasib para pengungsi.Kali ini, peduli pengungsi Gunung Agung juga ditunjukkan Kelompok Pemuda Peduli Sesama, yang merupakan gabungan dari beberapa organisasi kepemudaan di Tabanan. Organisasi kepemudaan yang tergabung ini adalah Karang Taruna Widya Kusuma Desa Delod Peken, ST. ESA Banjar Grokgak gede, Pemuda Banjar Bongan Pala Tabanan, dan Tokoh-tokoh pemuda lainnya yang berada di kawasan Desa Delod Peken dengan menyerahkan bantuan berbagai kebutuhan dasar pengungsi, Sabtu (24/2).

Aksi solidaritas yang dikoordinir oleh Pemuda Desa Delod Peken, tidak hanya kali ini saja yang dilakukan bahkan mereka datang langsung ke tempat pengungsian. Kedatangan organisasi kepemudaan ini semakin menunjukkan besarnya perhatian organisasi pemuda terhadap para pengungsi. Sebab, sebelumnya telah banyak organisasi pemuda ini sudah menyerahkan bantuan hingga melakukan berbagai program pemberdayaan pengungsi. Sama halnya ketika memberikan bantuan kepada korban longsor di Candi Kuning dan Songan Kintamani beberapa waktu lalu.

Koordinator aksi kelompok pemuda peduli sesama I Made Adi Kurniarta, ditemui usai penyerahan bantuan, mengatakan penyerahan bantuan kali ini dilakukan di dua lokasi. Antara lain, Pos Pengungsian di Banjar Singarata atau di Kantor UPTD Pertanian, Rendang yang dimana ada 165 KK didalamnya dan Pos pengungsian di Desa Untalan 28 KK. Bantuan tersebut berupa sembako, susu dan perlengkapan untuk pengungsi lainnya.

"Bantuan ini sangat dibutuhkan para pengungsi, apalagi stok logistik mereka sudah menipis,” kata Adi didampingi Ketua Karang Taruna Widya Kusuma Desa Delod Peken I Komang Rama Sandya dan Pembina ST. ESA Banjar Grokgak Gede  I Komang Agus Artha Triguna.

Seluruh jenis bantuan ini sudah sesuai dengan kebutuhan pengungsi, sebagaimana hasil koordinasi dengan Pihak PMI yang bertugas di pos pengungsian Desa Rendang I Nyoman Sukawirma, nantinya seluruh bantuan logistik ini akan didistribusikan kembali oleh pihak Kelihan Dusun. Agar distribusi logistik merata keseluruh kepala keluarga yang ada di pos pengungsian Rendang di Kecamatan Rendang Dan di Desa Untalan Kecamatan Bebandem.

Kelian Dusun Kesimpar I Nengah Sama dan Koordinator pengungsi Untalan I Nyoman Sudirta mengucapkan banyak-banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan, sejak musibah ini terjadi pihaknya sangat merasa terbantu atas upaya-upaya yang telah dilakukan oleh semua organisasi pemuda. “Tidak ada yang senang mengungsi, ini karena keadaan. Dengan bantuan ini, pengungsi tidak akan merasa sendiri. Nanti bantuan ini akan didistribusikan langsung kepada pengungsi ,” jelas I Nengah Sama. aga/rat


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER