Siapkan ”Jalan Tol”, Untuk Putra Mahkota, Jabatan Eselon II Bergeser

  • 30 Agustus 2017
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 8975 Pengunjung
ilustrasi

Tabanan, suaradewata.com – Mutasi dilingkungan Pemkab Tabanan dengan judul pengisian jabatan dipastikan digelar Rabu, (30/8/2017). Dalam skenario mutasi kali ini berpeluang terjadi pergeseran dibeberapa jabatan eselon II sehingga jabatan yang tadinya kosong karena ditinggal pensiun bisa jadi diisi oleh pejabat lain. Hal itu diprediksi sebagai langkah guna menyiapkan “jalan tol” bagi para eselon III (putra mahkota) nantinya naik tahta saat lelang jabatan nanti. Namun dipastikan tetap ada 4 jabatan eselon II yang dikosongkan.

Dalam penelusuran www.suaradewata.com undangan menghadiri acara tersebutpun sudah dikirim ke semua OPD. Namun seperti biasa siapa yang akan dimutasi tidak ada yang berani memastikan karena dalam undangannya hanya tertulis undangan pelantikan. Dalam undangan yang ditandatangani Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti itu jelas dalam perihalnya tertulis undangan pelantikan, dengan pakaian PSL (full dress). Dibagian awal undangan ditegaskan bahwa dalam rangka upacara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan dilingkungan pemkab Tabanan.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa tahun ini 4 pejabat eselon II di Pemkab Tabanan pensiun. Diantaranya Asisten III, Kadisdik, Kadisperindag dan Kadis PU. Untuk mengisi kekosongan jabatan dilevel eselon II sesuai aturan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dilakukan melalui lelang jabatan. Namun sebelum masuk ke proses lelang yang kemungkinan pada Nopember 2017 mendatang. Rabu, (30/08/2017) dilakukan pergeseran jabatan di eselon II sehingga jabatan yang nantinya kosong dan dilakukan lelang tidak musti jabatan yang ditinggal pensiun, malainkan jabatan yang kosong setelah pengisian jabatan pada Rabu (30/08/2017) ini.

Jika mengacu dari isu yang santer beredar dan bocoran dari berbagai pihak yang kemudian dikait-kaitkan dengan dipersiapkannya “putra mahkota” guna naik eselon II dijabatan yang dikosongkan.  Meskipun kebenaranya belum bisa dipastikan namun, kemungkinan 4 jabatan eselon II yang ditinggal pensiun akan diisi oleh pejabat eselon II lainnya, sehingga kekosongan jabatan di OPD menjadi bergeser. Berdasarkan penelusuran dan isu yang berkembang belakangan ini Asisten III yang ditinggalkan Tjok Alit Juli karena pensiun akan diisi oleh Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) I Made Sukada. Pergeseran Sukada ke Asisten III diprediksi jabatan ini sangat strategis karena mengkoordinasikan OPD-OPD strategis, dan tentunya harus diisi oleh birokrat yang kawakan dan sarat pengalaman. Sukada dianggap mampu memegang jabatan ini. Selain itu isu lain bahwa kegagalan pemkab dalam mendapatkan pengembalian DAK 2016 dianggap sebagai kegagalan Bakuda menindaklanjutinya. Sehingga dengan dua alasan yang bertolak belakang itu membuat Sukada berpeluang menduduki Asisten III. Sedangkan posisi kepala Bakuda kemungkinan akan dikosongkan untuk dilelang pada mutasi mendatang.

Selain Asisten III, jabatan Kadisdik yang ditinggalkan I Wayan Adnyana karena pensiun, juga kemungkinan diisi oleh pejabat lainnya. Yang paling berpeluang dan santer isunya beredar adalah I Gede Susila yang kini menjadi Sekwan di DPRD Tabanan. Sama dengan Bakuda, jabatan Sekwan yang ditinggal Susila diprediksi akan masuk bursa lelang alias dikosongkan.  Sementara Kadisperindag yang ditinggalkan IB Made Wiryawan karena pensiun juga kemungkinan besar akan diisi pejabat lainnya. Jika melihat keterkaitan dan isu yang beredar yang akan digeser menjadi Kadisperindag adalah I Gst Nyoman Arya Wardana yang kini menjabat Kadis Perijinan. Sementara Kadis Perijinan akan masuk dalam bursa lelang. Yang terakhir adalah Kadis PU.  Plt yang ditunjuk adalah sekretarisnya, I Made Yudiana. Karena ini dinas yang dianggap paling rumit sehingga tidak banyak yang diprediksi mampu mengisi jabatan ini. Dan diprediksi Yudiana akan ditetap di Pltkan sampai menunggu lelang jabatan. Dalam artian dalam mutasi kali ini 4 jabatan eseloan II yang dikosongkan yakni, Kepala Bakuda, Sekwan, Kadis Perijinan dan Kadis PU.  Lalu siapa “putra mahkota” yang akan disiapkan dalam lelang jabatan nanti untuk menduduki jabatan tersebut..?? Tim (bersambung)


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER