Cuti Petahana Dipercepat, Minta Waktu Sehari Setorkan Rekening Kampanye

  • 31 Oktober 2016
  • 00:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 6519 Pengunjung
suaradewata

Bulelengsuaradewata.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng resmi menetapkan satu pasangan calon (Paslon Tunggal) peserta Pilkada Buleleng 2017 melalui Keputusan nomor 129/Kpts/KPU-Kab-016.433727/Tahun 2016 di kantor KPU setempat, Senin (31/10).

Selain menetapkan Paslon Tunggal, pihak KPU memajukan tahapan kampanye yang agenda awal mulai 22 November 2016 kini dipercepat menjadi tanggal 4 November 2016. Sehingga, Paslon petahana yakni Putu Agus Suradnyana – Nyoman Sutjidra di minta untuk menyerahkan surat cuti paling lambat pada hari pertama tahapan kampanye yakni  tanggal 3 November 2016.

Perubahan keempat atas tahapan, program dan jadwal Pilkada Buleleng 2017 tersebut tertuang dalam Surat Keputusan KPU Buleleng nomor 127/Kpts/KPU-Kab-016.433727/Tahun 2016 yang menjadi dasar pengambilan keputusan. Dimana, SK 127 tersebut merubah tahapan yang sebelumnya sudah ditetapkan dalam SK nomor 26 Kpts/KPU-Kab-016.433727/Tahun 2016.

Dalam pembacaan keputusan tersebut pun, KPU meminta agar Tim Pemenangan paket petahan menyetorkan rekening dana kampanye atas nama Paslon peserta Pilkada dan atas nama Tim Pemenangan.

“Selanjutnya, untuk rekening khusus untuk dana kampanye atas nama specimen dari tanda tangan calon Bupati dan Wakil Bupati dan juga dari tim pemenangan diserahkan hari ini kepada KPU Kabupaten Buleleng,” ujar Gede Suardana selaku Ketua KPU Buleleng dihadapan tim pemenangan dan Bupati Putu Agus Suradnyana.

Ironisnya, tim pemenangan ternyata belum mempersiapkan rekening yang diminta pihak KPU serta dihadapan forum meminta waktu sehari setelah acara tersebut. Hal itu disampaikan langsung Ketua Tim Pemenangan paket petahana yakni Gede Supriyatna setelah dimintai untuk menyetorkan.

Berdasarkan pantauan suaradewata.com, sempat terjadi tanya jawab antara Bupati Suradnyana dengan seorang berkaos merah yang ada disebelah kanannya ketika KPU mengutarakan permintaan penyerahan rekening tersebut. 

Dihadapan forum yang dihadiri sejumlah pihak yang terkait dengan penyelenggaraan Pilkada Buleleng 2017, Supriyatna mengaku penyerahan tersebut baru diberitahukan hari itu (31/10) oleh Komisioner KPU Buleleng.

“Ini berhubung baru tadi disampaikan oleh komisioner KPU (pembuatan rekening dana kampanye), mungkin hari ini masih dalam proses pembuatan rekening kampanye. Mungkin besok kalau sudah selesai kami langsung sampaikan,” ujar Supriyatna yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Buleleng.

Dikonfirmasi usai acara, Bupati Suradnyana sempat pasang wajah “meradang” ketika dikonfirmasi terkait dengan pemberitahuan yang disampaikan oleh Komisioner KPU untuk pembuatan rekening tersebut.

“Itu kan urusan saya. Dikasi tahu sih pasti dikasi tahu. Masalah kapan ngasi yang penting tidak melanggar. Itu aja ya,” ujarnya sambil berlalu menuju pintu keluar samping kantor KPU Buleleng.adi/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER