SURYA Resmi Mendaftar, KPU Siapkan Verifikasi Tahap Dua

  • 24 September 2016
  • 00:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 4953 Pengunjung
suaradewata

Buleleng, suaradewata.com - Setelah diisukan batal tanding Pilkada Buleleng 2017, paket Dewa Nyoman Sukrawan - Gede Dharma Wijaya (SURYA) akhirnya resmi mendaftarkan diri ke kantor KPU di Jalan Ahmad Yani No.95 Singaraja, Jumat (23/9/2016). Kedatangannya ke kantor KPU Buleleng pun hanya dikawal tim pemenangan dan tak lebih dari 100 orang gabungan Partai Demokrat dan Golkar.‎

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya, kedatangan paket Surya tidak melakukan pengerahan massa. Dimana, kondisi lalu lintas didepan kantor KPU Buleleng hanya ditutup satu jalur.

Sementara, pengamanan personil Polres Buleleng pun masih tetap mengerahkan 684 personil gabungan unsur Polri dan TNI.

Ketua KPU Kabupaten Buleleng, Gede Suardana, mengatakan telah menyeleksi berkas dan dinyatakan lengkap. Sehingga, lanjutnya, tinggal menunggu tahapan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual tahap kedua.

"Pasangan perseorangan kini wajib menyerahkan dokumen perbaikan sebanyak 43 ribu dan batas akhir sampai dengan tanggal 1 Oktober 2016. Untuk verifikasi administrasi (Tahap kedua) dilakukan sampai dengan tanggal 8 Oktober 2016," ujar Suardana usai proses pendaftaran paket Surya.

Menurutnya, setelah dilakukan verifikasi administrasi tahap kedua, maka akan dilakukan verifikasi faktual tanggal 12 sampai dengan 17 Oktober 2016. Dimana, lanjutnya, mekanisme verifikasi faktual tidak dilakukan seperti tahapan pertama yang mendatangi satu persatu pendukung paket Surya.

Dikatakan, verifikasi faktual tahap kedua dilangsungkan secara kolektif terhadap pendukung paket Surya. Yang dalam prosesnya, akan dipusatkan pada titik tertentu di masing-masing desa tempat keberadaan pendukung yang menyerahkan KTP untuk mendukung paket Surya.

Verifikasi faktual secara kolektif tersebut mewajibkan tim pasangan paket perseorangan untuk menghadirkan pendukung ditempat yang sudah ditetapkan.

Selanjutnya, rekapitulasi dukungan akan dilakukan pada tanggal 21 Oktober 2016. Dan apabila memenuhi persyaratan jumlah minimal dukungan, maka calon perseorangan akan ditetapkan sebagai calon pada tanggal 24 Oktober 2016 dan bersamaan prosesnya dengan penetapan calon dari Partai Politik.

Dikonfirmasi usai pendaftaran, Dewa Nyoman Sukrawan yang didampingi Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Buleleng yakni Made Adi Purnawijaya, mengatakan, pihaknya tetap yakin akan lolos hingga memenangkan Pilkada 2017 nanti.

Hal tersebut terkait sejumlah tokoh partai termasuk di tubuh PDIP yang memberikan dukungan untuknya memenangkan Pilkada. Bukan hanya didmpingi oleh pejabat penting di jajaran PD Buleleng, Sukrawan pun didampingi Ketua DPD II Partai Golkar Karangasem, Made Sukarena, yang kali ini menjadi ketua tim advokasi dari paket Surya.

Disinggung terkait dengan Golkar, Sukarena mengaku dirinya menghadiri agenda pendaftaran bukan berdasarkan utusan organisasi politik Golkar.

"Saya kebetulan ditunjuk dan dipercaya sebagai Ketua Tim Advokasi paket Surya. Karena ada juga masyarakat saya iyang tinggal di Buleleng dan memiliki hak memilih serta memberikan dukungan KTP kepada paket Surya," pungkasnya. adi/hai

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER