Bupati Suwirta Hadiri Rakonas TPID Di Jakarta

  • 05 Agustus 2016
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 3329 Pengunjung
suaradewata

Klungkung, suaradewata.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi), meresmikan pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke-7 Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Tahun 2016 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (4/8/2016).

Rakornas dihadiri jajaran Menteri Kabinet Kerja serta seluruh Kepala Daerah, mulai dari Gubernur hingga Bupati dan Walikota. Sebanyak 34 Gubernur dan 455 Bupati/Walikota dari seluruh Indonesia mewakili TPID di daerahnya.

Tak ketinggalan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta hadir pada Rakornas TPID yang dipimpin langsung Presiden Jokowi, bertema "Memperkuat Sinkronisasi Kebijakan Pusat dan Daerah guna Mempercepat Infrastuktur dan Tata Niaga Pangan".

Bupati Nyoman Suwirta menanggapi arahan Presiden Jokowi, usai mengikuti Rakornas TPID mengatakan, akan secepatnya mengambil langkah-langkah guna bisa mengendalikan inflasi. Salah satu unggulan yang akan dilakukan adalah pemberdayaan petani dengan pembelian beras lokal melalui koperasi.

Lebih lanjut dikatakan, koperasi sebagai lembaga ekonomi kerakyatan, yang dipandang mampu melakukannya. Semua koperasi yang ada di Kabupaten Klungkung baik Koperasi Pegawai Negeri (KPN) maupun swasta, akan digenjot untuk membeli beras petani. Prinsipnya membeli mahal menjual lebih murah dari harga pasaran. Artinya koperasi diharapkan tidak mencari keuntungan terlalu tinggi sehingga harga barang yang dilempar kepasar akan lebih murah. Sesuai prinsip koperasi dari, oleh dan untuk anggota, maka anggota sebagai konsumen yang akan menikmatinya.

Disamping itu sesuai arahan Bapak Presiden, hal lainnya yang akan dilakukan adalah Pemerintah Daerah akan mensubsidi biaya angkutan, terutama yang ke Nusa Penida. Dengan subsidi itu harga barang, terutama kebutuhan pokok, akan sama dengan yang di Klungkung daratan. "Jadi tak ada alasan lagi, para pedagang menjual barang terlalu tinggi, sekehendak hati, terutama barang kebutuhan pokok, ini juga bagian dari pengendalian inflasi", kata Bupati Suwirta.

Rakornas yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) ini akan memperkuat peta jalan (road map) target pengendalian inflasi nasional. Selain itu, BI menyerahkan penghargaan kepada TPID tingkat provinsi dan kabupaten/kota yang inovasi dan berhasil mengendalikan inflasi. jul/hai


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER