Bupati Eka Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana

  • 04 Agustus 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3745 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Kabupaten Tabanan kembali mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat. Kali ini, apresiasi dalam bentuk penghargaan Manggala Karya Kencana tersebut datang dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang diberikan kepada Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti.

Penghargaan tersebut diserahkan perwakilan Kepala BKKBN kepada Bupati Eka dalam peringatan Hari Keluarga Nasional XXIII Tingkat Provinsi Bali yang dipusatkan di Desa Penglipuran, Bangli, Kamis (4/8/2016). Proses penyerahan penghargaan itu dibarengi dengan penyematan lencana.

Hadir dalam kesempatan itu Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Bali, Ketua Panitia Penyelenggara sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Nyonya Ayu Pastika, Bupati Bangli I Made Gianyar, Pengurus TP PKK Kabupaten/Kota Se-Bali, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Bali.

Manggala Karya Kencana yang diterima Bupati Eka merupakan salah satu penghargaan bidang Keluarga Berencana (KB) tertinggi yang diberikan kepada kepala daerah, bupati atau walikota, di seluruh Indonesia.

Penganugerahannya didasari empat paramater yang erat kaitannya dengan komitmen pemda terhadap pelaksanaan program KB. Di antaranya, peningkatan status kelembagaan dari kantor menjadi badan, penerapan MKJP (metode kontrasepsi jangka panjang) yang telah dilaksanakan pada 2011 lalu dan mulai menunjukkan hasilnya di tahun ini.

Kemudian, pencapaian program KB di Tabanan dari tahun ke tahun yang mengalami peningkatan. Sehingga, Kabupaten Tabanan berada pada kwadran empat seiring dengan pemakaian MKJP dan penurunan tingkat kelahiran. Dan terakhir, pemberian sarana prasarana untuk menunjung pelaksanaan program KB.

Dalam sebuah kesempatan di akhir penyerahan, Bupati Eka mengaku sangat bersyukur dengan prestasi yang diberikan pemerintah pusat tersebut. Menurutnya, Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan bagi seluruh masyarakat Tabanan. “Ini merupakan penghargaan bagi masyarakat Tabanan,” kata Bupati Eka.

Sebelumnya, Nyonya Ayu Pastika dalam sambutannya mengatakan peringatan Hari Keluarga Nasional setiap tahunnya memiliki arti penting untuk meningkatkan komitmen membangun keluarga dan fungsinya. “Guna mewujudkan keluarga yang berketahanan dan sejahtera,” katanya.

Ditambahkan, keluarga memiliki peran sentral tempat bersemainya putra-putri manusia yang berkwalitas, membangun nilai sosial budaya, gotong royong, swadaya masyarakat yang perlu dikembangkan. “Sehingga bisa menjadi kekuatan untuk membangun bangsa,” tandasnya. hai/hai


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER