Kiprah Kodim 1616 Dalam Penyiapan Paskibraka Kabupaten Gianyar

  • 28 Juli 2016
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 4355 Pengunjung
suaradewata

Gianyar, suaradewata.comDalam peringatan HUT RI selalu dilakukan upacara pengibaran Bendera Merah Putih yang dilakukan oleh pasukan pengibar bendera yang terdiri dari pemuda-pemudi pilihan, demikian halnya yang terjadi di Kabupaten Gianyar (27/7).

Kabupaten Gianyar dalam menyambut HUT RI ke 71 melakukan berbagai persiapan salah satunya penyiapan pasukan pengibar bendera pada upacara peringatan HUT RI ke 71 yang akan dilaksanakan di Lapangan Astina Gianyar. Setelah dilakukan berbagai macam tes dari mulai pemilihan di SMU dan SMK yang ada di Gianyar sampai dengan kesiapan mental dan fisik termasuk penampilan maka didapatlah 75 orang pemuda-pemudi yang dinyatakan siap mengemban tugas mengibarkan Bendera Merah Putih pada upacara peringatan HUT RI ke-71 di Lapangan Astina Gianyar.

Penyiapan pasukan pengibar bendera khusus di Kabupaten Gianyar tidak terlepas dari peran Kodim 1616/Gianyar dalam memilih dan menyeleksi bersama instansi terkait dalam hal ini Yonzipur 18/YKR , Polres Gianyar dan Purna Paskibra yang fasilitasi oleh Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kab.Gianyar , hal ini dikatakan oleh Kapten Inf. Gede Astawa selaku koordinator pelatih dari pasukan pengibar bendera di Kab.Gianyar. Bahwa seleksi peserta untuk pasukan pengibar bendera di Gianyar telah berjalan mulai bulan Februari 2016 secara bertahap,  dimana peserta mutlak awalnya merupakan anggota dari tim LKBB dari SMU dan SMK  yang disaring melalui lomba LKBB. Sehingga dapat dilihat potensi yang ada selain minat dan kemauan peserta namun tes selanjutnya tetap berjalan untuk mengambil yang paling baik dengan melakukan tes kesehatan, jasmani, mental ideologi dan minat bakat peserta sehingga mengerucut menjadi yang terbaik sebanyak 75 orang dari sekitar 300 orang peserta, hasil ini merupakan hasil tes secara transparan tidak ada intervensi pihak manapun dikarenakan animo untuk menjadi pasukan pengibar bendera di Gianyar cukup tinggi.

Hal senada ditegaskan oleh Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav Berto SP Capah, S.Sos bahwa menjadi salah satu anggota pasukan pengibar bendera di Gianyar merupakan kebanggaan tersendiri baik dari pemuda-pemudi maupun keluarga disamping ajang untuk mengasah kedisplinan diri baik mental dan jasmani guna menyukseskan event Nasional pada peringatan HUT RI ke 71 di Gianyar, dimana sebelumnya Dandim bersama Bupati Gianyar AA Brata mendampingi Danrem 163/WSA Kolonel Inf I Nyoman Cantiasa,S.E berkesempatan meninjau peserta Paskibra Gianyar 2016 saat melaksanakan latihan.

Sedangkan dari peserta sendiri yaitu Komang Gunayasa dari SMK Blahbatuh dan Adelia Surya Pratiwi dari SMAN 1 Gianyar mengungkapkan bahwa dengan tergabung dalam Paskibra Gianyar 2016 merupakan kemauan sendiri untuk mewujudkan cita-cita melalui pengalaman pendidikan kedisiplinan, rasa kebersamaan, kemandirian dan pembentukan mental disamping akan menjadi kebanggaan diri dan keluarga. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER