Polres Tabanan Luncurkan Jaringan Intelijen Pecalang

  • 28 Juni 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 4218 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Sinergi antara Kepolisian dengan Pecalang terus dibangun jajaran Kepolisian Resor (Polres) Tabanan. Terutama untuk mendukung situasi yang aman dan kondusif di tengah masyarakat.

Terkait itu, Selasa (28/6/2016), sinergi itu dikuatkan kembali dengan diresmikannya jaringan intelijen pecalang atau Pecalang Intelijen Network (PIN). Kegiatan itu kemudian dilanjutkan dengan pelatihan yang bertema “Melalui Sinergitas Polri dan Desa Pekraman, Kita Wujudkan Stabilitas Kamtibmas dengan Program Pecalang Intelligence Network (PIN) Polres Tabanan.

Peresmian dan pelatihan PIN tersebut dibuka oleh Kabag Ren Polres Tabanan Kompol Ni Luh Relawati SU dan diikuti oleh 50 orang pecalang. Para pecalang itu sendiri merupakan perwakilan dari sepuluh kecematan di Tabanan yang nantinya menjadi mitra Satuan Intelijen dan Keamanan (Sat Intelkam) Polres Tabanan selaku penyelenggara kegiatan.

Peresmian dan pelatihan PIN Polres Tabanan itu juga dihadiri Ketua Majelis Madya Desa Pekraman (MMDP) Tabanan I Wayan Tontra, perwakilan Kesbangpol Tabanan, seluruh Kapolsek berikut jajaran Polres Tabanan.

Dalam sambutannya, Ketua MMDP Tabanan Wayan Tontra menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi pelaksanaan peresmian dan pelatihan PIN Polres Tabanan. Harapannya, seluruh pecalang mampu menjaga keamanan dan kondusifitas desa pekraman atau wilayahnya masing-masing.

“Kalau wilayah kita tidak aman, maka kita tidak melakukan kegiatan sehari-hari. Karena itu, mari kita jaga keamanan bersama-sama,” ujarnya.

Agar stabilitas keamanan tetap terjaga, sambungnya, para pecalang diharapkan mampu mengawasi dan mengamati dinamika di wilayahnya masing-masing. Serta, melaporkan kejadian atau peristiwa yang mengganggu situasi keamanan dan kenyamanan di wilayah tugasnya.

“Segera melaporkan ke pihak yang berwenang. Dan, kami berharap para Pecalang ini dilatih dan diberikan wawasan agar bisa menjalan tugas dengan handal. Sehingga bisa membantu tugas-tugas Kepolisian,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Tabanan dalam sambutannya yang dibacakan Kompol Ni Luh Relawati SU mengatakan, kegiatan yang dijalankan Sat Intelkam ini diharapkan menjadi momentum dan evaluasi agar bisa digunakan sebagai pengumpulan informasi dari segala bidang.

“Hal ini merupakan tujuan dari Polri agar bisa bersinergi dengan masyarakat dan menjadi terobosan kreatif bagi jajaran Intelkam. Kegiatan ini diharapkan bisa menciptakan dinamika antara Polri dan masyarakat. Kita harus terus bekerjasama dengan desa pekraman untuk menekan angka kriminalitas di masyarakat,” katanya.

Pihaknya berharap, para pecalang yang telah menjalani pelatihan dapat membantu dan memberikan informasi tentang perkembangan wilayahnya masing-masing kepada pihak Kepolisian.

Kegiatan diakhir dengan pelatihan mengenai sistem pelaporan bila di suatu wilayah terjadi ganggung kamtibmas dengan memanfaatkan radio handy talkie (HT) yang berkerja sama dengan RAPI Tabanan, SMS Center, dan Grup BBM atau WA. hai


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER